PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI TAHUN AJARAN 2012/2013

Kusumawati Dhany, Dhany (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: Dhany Kusumawati 09403244020 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah Wonosari tahun ajaran 2012/2013 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah Wonosari tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahap pelaksanaan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi dan angket. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas Belajar Akuntansi meningkat setelah diberi tindakan. Peningkatan persentase Aktivitas Belajar Akuntansi siswa berdasarkan observasi dari siklus I adalah 66% menjadi 79% pada siklus II. Peningkatan persentase Aktivitas Belajar Akuntansi siswa berdasarkan angket dari siklus I adalah 80% menjadi 85% pada siklus II. Ketercapaian Aktivitas Belajar Akuntansi siswa secara individu dengan kategori Sangat Tinggi dan Tinggi berdasarkan observasi adalah 52% pada siklus I meningkat menjadi 84% pada siklus II. Ketercapaian Aktivitas Belajar Akuntansi siswa secara individu dengan kategori Sangat Tinggi dan Tinggi berdasarkan angket adalah 92% pada siklus I meningkat menjadi 96% pada siklus II. Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI), Aktivitas Belajar Akuntansi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 21:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16514

Actions (login required)

View Item View Item