PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Triswardani Mufidah, Dani (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: MUFIDAH TRISWARDANI 09403241033 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share (TPS), (2) meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi melalui penerapan teknik tersebut, dan (3) mengetahui respon siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Godean terhadap penerapan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk partisipatif dan kolaboratif selama dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif dan angket. Analisis data yang digunakan adalah dengan membandingkan perolehan skor Aktivitas Belajar Akuntansi dengan skor maksimal kemudian dipersentasekan, lalu hasil tersebut disajikan dalam tabel dan grafik dan terakhir penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) penerapan Teknik Think Pair Share (TPS) melalui tiga tahapan utama yaitu: tahap berpikir sendiri (Think), tahap berdiskusi dengan pasangan (Pair), dan tahap mempresentasikan hasil diskusi (Share). (2) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2012/2013 pada kompetensi dasar membukukan jurnal penyesuaian dan (3) menunjukkan respon positif yang dibuktikan dengan jawaban ya lebih besar daripada jawaban tidak dan rata-rata skor respon sebesar 76,85%. Skor Aktivitas Belajar Akuntansi secara klasikal dari 59,77% pada siklus I meningkat 26,61% menjadi 85,78% pada siklus II. Siswa dalam kategori aktif sejumlah 6 siswa atau 18,75% pada siklus I meningkat menjadi 26 siswa atau sebesar 89,66% pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 21:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16512

Actions (login required)

View Item View Item