PEMANFAATAN CANDI PRAMBANAN SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI SEJARAH DI SMP NEGERI 2 KALASAN

Musholawati, Wahyu Widiasih (2011) PEMANFAATAN CANDI PRAMBANAN SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI SEJARAH DI SMP NEGERI 2 KALASAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Sej 07406241031.swf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Kurangnya minat belajar siswa terhadap pelajaran IPS materi sejarah, disebabkan oleh minimnya penggunaan media pembelajaran. Dibutuhkan suatu pengembangan media pembelajaran yang cocok dengan materi yang diajarkan, seperti pemanfaatan Candi Prambanan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat Candi Prambanan sebagai media dalam pembelajaran IPS materi sejarah di SMP Negeri 2 Kalasan, bagaimana proses pemanfaatan Candi Prambanan sebagai media pembelajaran IPS materi sejarah yang dilakukan oleh SMP Negeri 2 Kalasan, serta adakah kendala-kendala yang dihadapi oleh SMP Negeri 2 Kalasan dalam proses pemanfaatan Candi Prambanan sebagai media pembelajaran. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Kualitatif Deskriptif. Pemilihan sampel dengan teknik purposive sampling. Proses pengambilan data dalam penelitian ini melalui wawancara, angket/kuesioner, dan analisis dokumen. Sumber data diambil dari kepala sekolah, Guru-Guru IPS, siswa-siswi kelas VII dan VIII di SMP Negeri 2 Kalasan, serta beberapa staf pengelola Candi Prambanan. Validitas data menggunakan metode triangulasi, yang terdiri dari triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data dilakukan bersamaan dengan proses penelitian dan setelah penelitian selesai. Penyusunan laporan dilakukan secara deskriptif. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa SMP Negeri 2 Kalasan memanfaatkan Candi Prambanan sebagai media pembelajaran. Candi Prambanan besar manfaatnya untuk dijadikan sebagai media pembelajaran IPS materi sejarah di SMP Negeri 2 Kalasan. Proses pemanfaatan tersebut dimulai dari pemilihan lokasi candi untuk belajar siswa, perencanaan kegiatan, proses pembelajaran di candi itu sendiri, pemilihan objek dan koleksi Candi Prambanan yang dipakai sebagai media pembelajaran, sampai dengan penilaian yang dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Di Candi Prambanan siswa melakukan pengamatan dengan masuk dan mengelilingi Candi Prambanan, yang kemudian dilanjutkan dengan penyusunan laporan kegiatan. Pengamatan yang dilakukan di Candi Prambanan, meliputi lokasi, bentuk candi, sejarah pendirian, deskripsi lokasi, serta jenis-jenis arca serta relief Candi Prambanan, dengan alokasi waktu sekitar 7 jam. Kendala-kendala yang dihadapi ketika melakukan kegiatan tersebut, terkait dengan masalah waktu, dana, dan keamanan. Kata kunci : Candi Prambanan, media pembelajaran IPS materi sejarah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sejarah
Ilmu Sosial > Sejarah > Sejarah Umum
Ilmu Sosial > Sejarah > Sejarah Peradaban
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 15 Apr 2015 01:30
Last Modified: 29 Jan 2019 21:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16511

Actions (login required)

View Item View Item