IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Kurnianto Dedy, Dedy (2013) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Dedy Kurnianto.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: DEDY KURNIANTO 09403241004 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013 melalui Implementasi Pembelajaran Kreatif Produktif dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan, sedangkan analisis kuantitatif dilakukan dengan membandingkan perolehan skor Motivasi Belajar dengan skor maksimum kemudian diprosentasekan. Berdasarkan hasil penelitian dari data observasi disimpulkan bahwa Implementasi Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase skor Motivasi Belajar Siswa sebesar 16,68% dari sebelum penerapan Strategi pembelajaran Kreatif Produktif dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek sebesar 47,66% menjadi 64,34% pada siklus I. selanjutnya dari siklus I ke siklus II juga terjadi peningkatan sebesar 12,27% atau diperoleh skor sebesar 76,61%. Selain itu berdasarkan angket yang didistribusikan kepada siswa dapat disimpulkan pula bahwa terjadi peningkatan skor Motivasi Belajar Siswa sebesar 21,10% pada saat sebelum diterapkan ke siklus I dan sebesar 6,12% dari siklus I ke siklus II. Kata kunci : Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif, Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Motivasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 21:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16509

Actions (login required)

View Item View Item