STUDI KOMPARASI DALAM MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SENI TARI ANTARA SISWA LAKI-LAKI DENGAN PEREMPUAN PENYANDANG CEREBRAL PALSY DI PUSAT REHABILITASI YAKKUM SLEMAN YOGYAKARTA

arina Tunjung Daryanti, Arina (2015) STUDI KOMPARASI DALAM MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SENI TARI ANTARA SISWA LAKI-LAKI DENGAN PEREMPUAN PENYANDANG CEREBRAL PALSY DI PUSAT REHABILITASI YAKKUM SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ARINA_11209244007.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkomparasikan minat dan prestasi belajar seni tari antara siswa laki-laki dan perempuan penyandang Cerebral Palsy di Pusat Rehabilitasi YAKKUM Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa penyandang Cerebral Palsy di Pusat Rehabilitasi YAKKUM Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 20 siswa. Dalam menentukan sampel peneliti menggunakan teknik Purposive Sampling dengan persyaratan tertentu yang telah ditentukan oleh peneliti. Sampel yang digunakan dalam penelitian terdiri dari 10 responden yaitu siswa penyandang Cerebral Palsy yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Data yang diperoleh dari hasil pengamatan, kuesioner, dan tes penampilan yang kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai probabilitas yang terletak pada kolom signifikansi 0,011 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat juga dibuktikan bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,272 > 2,306 dengan df = 8 dan signifikansi 5% maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian maka hipotesis pertama yang berbunyi “ada perbedaan yang positif dan signifikan pada minat belajar antara siswa laki-laki dan siswa perempuan penyandang Cerebral Palsy di Pusat Rehabilitasi YAKKUM Sleman Yogyakarta” teruji kebenarannya. (2) nilai probabilitas yang terletak pada kolom signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat juga dibuktikan bahwa thitung > ttabel, yaitu 12,075 > 2,306 dengan df = 8 dan signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian maka hipotesis kedua yang berbunyi “ada perbedaan yang positif dan signifikan pada prestasi belajar seni tari antara siswa laki-laki dan siswa perempuan penyandang Cerebral Palsy di Pusat Rehabilitasi YAKKUM Sleman Yogyakarta” teruji kebenarannya. (3) nilai rata-rata (mean) minat belajar dan prestasi belajar seni tari siswa laki-laki terdapat perbedaan, sehingga dari nilai mean tersebut dapat diketahui komparasinya yaitu minat belajar siswa laki-laki lebih tinggi dibandingkan siswa perempuan, begitu juga pada hasil prestasi belajar yaitu prestasi belajar siswa laki-laki lebih tinggi dibandingkan siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian maka hipotesis ketiga yang berbunyi “terdapat komparasi minat dan prestasi belajar seni tari antara siswa laki-laki dengan perempuan penyandang Cerebral

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komparasi, minat, prestasi belajar, Cerebral Palsy, seni tari.
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 15 Apr 2015 01:21
Last Modified: 29 Jan 2019 21:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16507

Actions (login required)

View Item View Item