Setyaningsih Rully, Rully (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK ABDI NEGARA MUNTILAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.
|
Text
skripsi Rully Setyaningsih.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK ABDI NEGARA MUNTILAN TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: RULLY SETYANINGSIH 09403244028 ABSTRAK Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar melalui Penerapan Model Cooperative Learning dengan Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Abdi Negara Muntilan Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk kolaboratif yang dilaksakan dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Abdi Negara Muntilan Tahun Ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 34 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan terhadap data proses pembelajaran, sedangkan data mengenai Aktivitas Belajar Siswa dianalisis dengan membandingkan perolehan skor aktivitas Belajar dengan skor maksimum kemudian dipersentasekan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Cooperative Learning dengan Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam Pembelajaran Akuntansi dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa kelas X Akuntansi SMK Abdi Negara Muntilan Tahun Ajaran 2012/2013. Aktivitas Belajar secara Umum mengalami peningkatan pada siklus I dan II sebesar 20,87%. Hasil skor yang diperoleh pada siklus I sebesar 60,10% meningkat menjadi 80,97% pada siklus II. Pada siklus I jumlah siswa yang aktivitas belajar akuntansinya mencapai kriteria minimal sebanyak 2 orang atau sebesar 5,88%. Sedangkan pada siklus II berjumlah 26 siswa atau sebesar 76,47%. Dengan cross check yang dilakukan melalui wawancara dapat disimpulkan pula bahwa dengan diterapkannya NHT, maka Pembelajaran Akuntansi menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Kata Kunci: Cooperative Learning, Numbered Heads Together (NHT), Aktivitas Belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Admin Akuntansi FE |
Date Deposited: | 17 Apr 2015 00:33 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 21:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16506 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |