PARTISIPASI PENDUDUK MISKIN DALAM PROGRAM BADAN PENYELENGGARAAN JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI KECAMATAN PUNDONG KABUPATEN BANTUL

Mukti, Utma Rosseta (2015) PARTISIPASI PENDUDUK MISKIN DALAM PROGRAM BADAN PENYELENGGARAAN JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI KECAMATAN PUNDONG KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 10405244011.swf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pengetahuan penduduk miskin tentang program asuransi kesehatan; (2) Partisipasi penduduk miskin di Kecamatan Pundong terhadap program asuransi dalam BPJS Kesehatan; (3) Partisipasi penduduk miskin dalam program BPJS Kesehatan di Kecamatan Pundong berdasarkan keterjangkauan tempat tinggal mereka menuju sarana penunjang program BPJS kesehatan; (4) Partisipasi penduduk miskin berdasarkan keterjangkauan kondisi geografis tempat tinggal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah kepala keluarga (KK) penduduk miskin berjumlah 1.931 di Kecamatan Pundong. Teknik sampling yang digunakan menggunakan rumus Slovin untuk menentukan jumlah sampel dari populasi total. Kemudian menggunakan metode proporsonal random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data dengan skoring menggunakan skala Likert, tabel silang, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah (1) Pengetahuan penduduk miskin tentang program asuransi kesehatan berada pada kategori cukup baik (64,21%). (2)Partisipasi penduduk miskin di Kecamatan Pundong terhadap program asuransi dalam BPJS Kesehatan berada pada kategori sangat rendah (78,95%). (3) Partisipasi penduduk dalam program BPJS Kesehatan di Kecamatan Pundong berdasarkan keterjangkauan tempat tinggal mereka menuju sarana penunjang program BPJS kesehatan meliputi: (a) Keterjangkauan tempat tinggal yang tidak strategis berada pada kategosi sangat rendah (72,22%); (b) Keterjangkauan tempat tinggal yang cukup strategis berada pada kategosi sangat rendah (95,45%); (c) Keterjangkauan tempat tinggal yang strategis berada pada kategori sangat rendah (60,60%). (4) Partisipasi penduduk miskin berdasarkan keterjangkauan kondisi geografis tempat tinggal meliputi: (a) kondisi geografis tempat tinggal tidak mendukung berada pada kategori sangat rendah (100%); (b) kondisi geografis tempat tinggal cukup mendukung berada pada kategori rendah (83,33%); (c) kondisi geografis tempat tinggal mendukung berada pada kategori sangat rendah (87,50%).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Geografi
Ilmu Sosial > Geografi > Geografi Umum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 15 Apr 2015 00:57
Last Modified: 29 Jan 2019 21:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16498

Actions (login required)

View Item View Item