PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU DAN SIKAP SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA ISLAM 1 GAMPING TAHUN AJARAN 2012/2013

Kurnialita Diana, Diana (2013) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU DAN SIKAP SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA ISLAM 1 GAMPING TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU DAN SIKAP SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA ISLAM 1 GAMPING TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh : Diana Kurnialita NIM 09403241014 ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Islam 1 Gamping tahun ajaran 2012/2013, (2) Pengaruh Sikap Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Islam 1 Gamping tahun ajaran 2012/2013, (3) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru dan Sikap Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Islam 1 Gamping tahun ajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Islam 1 Gamping tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 44 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk mengumpulkan data mengenai Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru dan Sikap Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi, sedangkan tes digunakan untuk mengumpulkan data Prestasi Belajar Akuntansi. Uji coba instrumen dilakukan di SMA Kolombo Depok pada 30 siswa kelas XI IPS. Uji coba instrumen penelitian yang digunakan adalah validitas dan reliabilitas, serta uji kesukaran dan daya beda untuk tes. Uji prasyarat analisis menggunakan linieritas dan multikolinieritas. Uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Islam 1 Gamping tahun ajaran 2012/2013 yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel (4,022>2,02) dengan koefisien determinasi (r2x1y) sebesar 0,278 yang artinya sebesar 27,8% variabel ini memengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi, (2) Sikap Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Islam 1 Gamping tahun ajaran 2012/2013 yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel (3,024>2,02), dengan koefisien determinasi (r2x2y) sebesar 0,179 yang artinya sebesar 17,9% variabel ini memengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi, (3) Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru dan Sikap Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Islam 1 Gamping tahun ajaran 2012/2013 yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung>Ftabel (12,917>3,21) pada taraf signifikansi 5%, dengan koefisien determinasi R2y(1,2) sebesar 0,387 yang artinya sebesar 38,7% kedua variabel ini secara bersama-sama memengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 21:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16494

Actions (login required)

View Item View Item