Yuniarti Eti, Yuni (2013) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA FLANNELGRAPH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 3 SMK NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.
|
Text
skripsi Eti Yuniarti 09403244035 P-AKT.pdf Download (19MB) | Preview |
Abstract
IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA FLANNELGRAPH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 3 SMK NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: ETI YUNIARTI 09403244035 ABSTRAK Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi melalui Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Media Flannelgraph pada siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Depok tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk kolaboratif dan partisipatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi dan angket. Uji coba instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas menggunakan program computer SPSS versi 16.0 for windows. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase yang dilakukan dengan menghitung skor Motivasi Belajar Akuntansi, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Media Flannelgraph dapat meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Depok tahun ajaran 2012/2013 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase skor Motivasi Belajar Akuntansi dari sebelum implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Media Flannelgraph sebesar 61,04% meningkat sebesar 16,79% menjadi 77,83% di siklus 1. Selanjutnya dari siklus 1 ke siklus 2 juga diperoleh skor sebesar 85,06% atau terjadi peningkatan sebesar 7,23%. Selain itu berdasarkan angket yang didistribusikan kepada siswa dapat disimpulkan pula bahwa terjadi peningkatan skor Motivasi Belajar Akuntansi siswa dari skor siklus 1 sebesar 73,25% meningkat sebesar 8,30%, sehingga diperoleh skor siklus 2 sebesar 81,55%. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, STAD, Media flannelgraph, Motivasi Belajar Akuntansi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Admin Akuntansi FE |
Date Deposited: | 17 Apr 2015 00:34 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 21:02 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16492 |
Actions (login required)
View Item |