UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI MINOMARTANI 6 SLEMAN YOGYAKARTA

Cahyaningrum, Khairul (2015) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI MINOMARTANI 6 SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Khairul Cahyaningrum_10108244091.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik siswa melalui model pembelejaran aktif tipe Index Card Match pada siswa kelas II SD Negeri Minomartani 6 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitan Tindakan Kelas (Clasroom Action Research) dengan model spiral Kemmis dan Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 28 siswa.Objek penelitian ini adalah peningkatan kecerdasan kinestetik. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penilaian yang digunakan berupa lembar observasi, pedoman pengamatan, dan pedoman wawancara.Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif dan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu dengan mencari rerata hasil kinestetik siswa setiap siklus. Rerata hasil kinestetik siswa tersebut dideskripsikan dengan menggunakan model alur yang terdiri dari proses pengumpulan data, pengolahan data dan kesimpulan. Hasil rata-rata kinestetik siswa pada Siklus I adalah 18,64%. Sedangkan, pada siklus II meningkat menjadi 88,78 %. Jadi, model pembelajaran aktif tipe Index Card Match dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik pada siswa kelas II SD Negeri Minomartani 6 Sleman Yogayakarta. Kata kunci: kecerdasan kinestetik, model pembelajaran aktif, Index Card Match.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:36
Last Modified: 29 Jan 2019 21:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16487

Actions (login required)

View Item View Item