MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIMETRI DAN PENCERMINAN BANGUN DATAR DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS IV SD N PARAKSARI KECAMATAN PAKEM TAHUN AJARAN 2013/2014

Yunita, Nurmilasari (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIMETRI DAN PENCERMINAN BANGUN DATAR DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS IV SD N PARAKSARI KECAMATAN PAKEM TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Yunita Nurmilasari.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi simetri dan pencerminan bangun datar melalui penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournaments (TGT) pada siswa kelas IV SD Negeri Paraksari Pakem, Sleman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pola kolaboratif dan menggunakan model siklus Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Paraksari Pakem, Sleman. Jumlah siswa yaitu 18 siswa, yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Analisis data deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa materi simetri dan pencerminan bangun datar dengan menggunakan model kooperatif tipe TGT. Sedangkan analisis data deskriptif kualitatif digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe TGT. Kriteria keberhasilan penelitian tindakan ini adalah persentase hasil belajar siswa mencapai ≥ 75% dan persentase aktivitas belajar siswa mencapai ≥80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi simetri dan pencerminan bangun datar siswa kelas IV SD Negeri Paraksari Pakem, Sleman. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I, persentasenya mencapai 66.38% kemudian pada siklus II persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 88.05%. Persentase hasil belajar siswa pada waktu pretest yaitu 5.56%, pada siklus I meningkat menjadi 50%, dan pada siklus II meningkat menjadi 88.89%. Kata Kunci: hasil belajar matematika, model Kooperatif tipe Team Games Tournamen (TGT)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:37
Last Modified: 29 Jan 2019 21:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16477

Actions (login required)

View Item View Item