PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN ILMIAH DI KELAS IVC SDN GLAGAH YOGYAKARTA

Havita, Rahmawati (2015) PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN ILMIAH DI KELAS IVC SDN GLAGAH YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
havita rahmawati.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran berpendekatan ilmiah di kelas IVC SDN Glagah Yogyakarta. Tahapan proses pembelajaran yang dideskripsikan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti adalah proses pembelajaran di kelas IVC SDN Glagah Yogyakarta. Guru dan siswa kelas IVC SDN Glagah sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara,dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan secara interaktif menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman dengan tahap-tahap reduksi, display data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan melalui triangulasi dan member check. Selain itu, dilakukan pemeriksaan oleh dosen pembimbing serta dosen penguji. Hasil penelitian menunjukkanbahwa guru kelas IVC merencanakan pembelajaran dengan membuat RPP yang berpedoman pada buku guru. Guru belum banyak dilakukan modifikasi terhadap pedoman tersebut. Selain itu, guru mempersiapkan materi pembelajaran, media, dan sumber belajar. Pemilihan media dan sumber belajar disesuaikan dengan materi dan ketersediaan di lingkungan belajar. Langkah-langkah dalam pendekatan ilmiah yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan dilaksanakan siswa dengan difasilitasi oleh guru. Pelaksanaan kegiatan tersebut disesuaikan dengan materi yang disampaikan dan tidak selalu terlaksana secara urut. Belum semua siswa bisa melaksanakan langkah-langkah kegiatan dalam pendekatan ilmiah sesuai yang diharapkan sehingga guru kelas IVC senantiasa memantau serta memberikan bimbingan dan dorongan. Ketercapaian indikator melalui kegiatan pembelajaran dinilai menggunakan penilaian otentik. Teknik penilaian yang digunakan berpedoman pada buku guru. Belum semua teknik pada penilaian otentik digunakan. Guru kelas IVC masih menemui hambatan dalam melaksanakan proses penilaian Kata kunci: proses pembelajaran, pendekatan ilmiah, sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:37
Last Modified: 29 Jan 2019 21:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16475

Actions (login required)

View Item View Item