HIJABERS COMMUNITY YOGYAKARTA (HCY) SEBAGAI BUDAYA POPULER: KEANGGOTAAN DAN MASA DEPANNYA

Ervina, Pipit (2015) HIJABERS COMMUNITY YOGYAKARTA (HCY) SEBAGAI BUDAYA POPULER: KEANGGOTAAN DAN MASA DEPANNYA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI 11413244016.swf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena Hijabers Community Yogyakarta sebagai bentuk budaya populer Islam dan menginvestigasi perkembangan Hijabers Community Yogyakarta di masyarakat. Selain hal tersebut, peneliti juga ingin mengeksplorasi proses keanggotaan dan masa depan komunitas ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data berupa kata-kata dan tindakan, sumber tertulis dan foto/dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan analisis datanya menggunakan analisis model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa HCY sebagai budaya populer karena tiga hal utama yaitu: Pertama, Hijbers memiliki daya tarik tersendiri yang cukup besar kepada masyarakat muslim khususnya para muslimah muda yang memiliki ketertarikan terhadap fashion jilbab. Kedua, komunitas Hijabers mampu menarik masyarakat untuk bergabung dan secara tidak langsung akan mampu mempengaruhi masyarakat terhadap perkembangan yang dialami komunitas Hijabers. Sehingga banyak masyarakat yang mengikuti progress dan gaya komunitas Hijabers. Ketiga, media yang dimanfaatkan komunitas Hijabers mampu menarik masyarakat untuk mengikuti komunitas ini. Berdirinya komunitas ini memiliki manfaat tersendiri bagi golongan tertentu dalam mengembangkan bisnisnya. Proses rekruitmen anggota baru HCY dilakukan dengan dua cara yaitu formal dan informal. Rekruitmen secara formal adalah perekrutan yang memanfaatkan anggota untuk mengajak teman-temannya bergabung dengan HCY dan memanfaatkan kegiatan-kegiatan HCY untuk mempromosikan HCY. Sedangkan informal, memanfaatkan media sosial seperti whats App, face book, twitter dan blog untuk mendapatkan anggota baru, terutama anggota yang setia untuk mengikuti acara-acara yang dilaksanakan HCY. Kata kunci : Jaringan sosial, Hijabers Community Yogyakarta, rekrutmen anggota baru, Budaya Populer.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Ilmu Sosial > Psikologi Sosial
Ilmu Sosial > Sosiokultural
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 14 Apr 2015 07:35
Last Modified: 29 Jan 2019 21:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16456

Actions (login required)

View Item View Item