Sosialisasi Pendidikan Karakter terhadap Santri di Taman Pendidikan Al-Quran Al-Falaah, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta

Sulaiman, Budi (2015) Sosialisasi Pendidikan Karakter terhadap Santri di Taman Pendidikan Al-Quran Al-Falaah, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI 10413241036.swf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Kemajuan IPTEK di era globalisasi membawa dampak negatif berupa tindak penyimpangan yang dilakukan remaja seperti pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, dan perkelahian antar pelajar. Tindak penyimpangan yang dilakukan oleh remaja menunjukkan belum optimalnya lembaga pendidikan formal dalam melaksanakan transfer of knowledge dan transfer of value secara seimbang. Taman Pendidikan Al-Quran Al-Falaah merupakan lembaga pendidikan non formal yang turut menjalankan fungsi sosialisasi pendidikan karakter guna mendukung pelaksanaan pendidikan karakter yang mayoritas masih terlaksana pada tataran teori saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses sosialisasi pendidikan karakter, faktor pendukung dan penghambatnya, dan hasil dari proses sosialisasi pendidikan karakter terhadap santri di TPA Al-Falaah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan memilih lokasi Taman Pendidikan Al-Quran Al-Falaah, Depok, Sleman, Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan sebagai sumber data yaitu dari Ketua Takmir Masjid Al-Falaah, Ustad/ustadzah dan orang tua santri TPA Al-Falaah. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga cara yang dilakukan TPA Al-Falaah dalam melaksanakan sosialisasi pendidikan karakter, yaitu melalui materi pelajaran, interaksi antara ustad/ustadzah dengan santri, dan melalui proses KBM. Faktor pendukung sosialisasi pendidikan karakter terhadap santri di TPA Al-Falaah yaitu adanya dukungan dan keterlibatan orang tua santri, visi misi TPA yang memuat pendidikan karakter, koordinasi dan evaluasi rutin oleh pengurus dan pengajar, komitmen yang baik dari ustad/ustadzah, kedekatan personal dan interaksi yang intensif antara ustad/ustadzah dengan santri, adanya santri yang menjadi panutan, kurikulum TPA yang disesuaikan dengan kebutuhan, dukungan pihak takmir masjid, dan seluruh aktifitas santri yang dipusatkan di masjid. Faktor penghambatnya yaitu adanya orang tua yang kurang mendukung santri untuk mengikuti kegiatan TPA, adanya santri yang kurang motivasi dalam mengikuti kegiatan TPA, adanya ustad/ustadzah yang kadang tidak hadir, dan karakter yang berbeda antar santri. Hasil dari proses sosialisasi pendidikan karakter terhadap santri yaitu terbentuk karakter cinta kepada Tuhan, hormat dan santun, mandiri, percaya diri, toleransi, peduli, baik dan rendah hati, kreatif, jujur, disiplin, kasih sayang, keadilan dan kepemimpinan, kerjasama, persatuan , dan cinta damai. Kata Kunci: TPA Al-Falaah, Santri, Sosialisasi Pendidikan Karakter.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Sosiokultural
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 14 Apr 2015 07:19
Last Modified: 29 Jan 2019 21:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16445

Actions (login required)

View Item View Item