PERANAN PENASIHAT AKADEMIK (PA) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2012

Jannana Nora Saiva, Nana (2013) PERANAN PENASIHAT AKADEMIK (PA) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2012. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PERANAN PENASIHAT AKADEMIK (PA) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2012 Oleh Nora Saiva Jannana NIM 09402241015 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan mahasiswa oleh Penasihat Akademik (PA), peranan PA dalam kaitannya dengan peningkatan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Pertanyaan penelitian diajukan yang berhubungan dengan tujuan penelitian tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah desain deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci dan informan pendukung. Ketua Jurusan Pendidikan Administrasi sebagai informan kunci dan dosen yang diberikan amanah menjadi PA serta mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran sebagai informan pendukung. Metode dalam mengumpulkan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PA mempunyai peranan dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran. Peranan dosen PA sebagai motivator, konselor dan fasilitator mahasiswa bimbingannya. Dosen PA memiliki catatan dalam sebuah buku besar yang berisi tentang hasil belajar mahasiswa atau IP dan jumlah sks yang telah ditempuh mahasiswa. Bimbingan dosen dilaksanakan minimal satu kali tiap semester dan sesuai kebutuhan mahasiswa. Hal yang dikonsultasikan antara lain tentang konsultasi Kartu Rencana Studi (KRS), beasiswa studi, karya ilmiah, KKN-PPL dan KKL. Kata kunci: Dosen PA, bimbingan, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 16 Apr 2015 04:36
Last Modified: 29 Jan 2019 21:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16440

Actions (login required)

View Item View Item