Riza Hardiani, Riza (2015) HUBUNGAN BERBAGAI TIPE KEPRIBADIAN DALAM BIG FIVE FACTOR PERSONALITY DENGAN PERILAKU NARSISTIK SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN 2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini beranjak dari adanya fenomena perilaku remaja yang mengarah pada perilaku narsistik yang diasumsikan dapat menghambat perkembangan aspek sosial remaja.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji berbagai hubungan yang ada antara tipe kepribadian dalam big five factor personality dengan perilaku narsistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitan adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta yang terdiri dari 200 siswa, 93 siswa laki-laki dan 107 siswa perempuan. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner tipe kepribadian dalam big five factor personality dan kuesioner perilaku narsistik. Alat ukur tersebut sudah diuji validitasnya menggunakan penilaian ahli (expert judgment) dan uji reliabilitas menggunakan koefisien alpha cronbach melalui SPSS 22. Untuk kuesioner tipe kepribadian dalam big five factor personality diperoleh nilai koefisien alpha cronbach sebesar 0,936 yang berati alat ukur ini baik dan untuk kuesioner perilaku narsistik diperoleh koefisien alpha cronbach sebesar 0,905 yang berati alat ukur ini baik. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis crosstab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tipe kepribadian neurotisme dengan perilaku narsistik dengan tingkat signifikansi sebesar 0,041 (p<0,05), tipe kepribadian ekstraversi dengan perilaku narsistik dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05), tipe kepribadian keterbukaan terhadap pengalaman dengan perilaku narsistik dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05), tipe kepribadian keramahan dengan perilaku narsistik dengan tingkat signifikansi sebesar 0,011 (p<0,05), dan tipe kepribadian sikap hati-hati dengan perilaku narsistik dengan tingkat signifikansi sebesar 0,002 (p<0,05). Dari hasil penelitian, bentuk perilaku narsistik yang banyak ditemukan pada subjek adalah eksploitatif, membutuhkan banyak pujian, tidak suka dikritik, senang memamerkan diri, dan menunjukkan perilaku sombong. Implikasi penelitian ini adalah guru BK disarankan memberikan layanan BK dengan melihat indikator-indikator perilaku yang dapat memberikan pengaruh terhadap perilaku narsistik untuk mencegah adanya gangguan kepribadian narsistik pada siswa. Kata kunci: big five factor personality, perilaku narsistik, remaja
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling ?? ppb ?? |
Depositing User: | Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP |
Date Deposited: | 16 Apr 2015 05:37 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 21:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16438 |
Actions (login required)
View Item |