NILAI-NILAI KEMANUSIAAN DALAM DONGENG ”HÄNSEL UND GRETEL” DAN ”DORNRÖSCHEN” DALAM KUMPULAN DONGENG KINDER UND HAUSMÄRCHEN OLEH BRÜDER GRIMM

Effendy, Nur Hakim Ibnu (2014) NILAI-NILAI KEMANUSIAAN DALAM DONGENG ”HÄNSEL UND GRETEL” DAN ”DORNRÖSCHEN” DALAM KUMPULAN DONGENG KINDER UND HAUSMÄRCHEN OLEH BRÜDER GRIMM. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nur Hakim Ibnu E 07203244020.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan nilai-nilai kemanusiaan dalam dongeng Hänsel und Gretel dan Dornröschen. (2) menemukan dan mendeskripsikan bentuk penyampaian nilai-nilai kemanusiaan dalam dongeng Hänsel und Gretel dan Dornröschen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan objektif. Data penelitian ini adalah data deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah dua dongeng Hänsel und Gretel dan Dornröschen dalam kumpulan dongeng Kinder-und Hausmärchen oleh Grimm bersaudara. Data diperoleh dengan teknik baca catat. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (Human Instrument). Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh dengan validitas semantik. Reliabilitas yang digunakan adalah reliabilitas intrarater dan interrater Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) dongeng Hänsel und Gretel dan Dornröschen memiliki 8 jenis nilai-nilai kemanusiaan yang terdiri dari a) Manusia dan cinta kasih yang terdiri dari cinta persaudaraan, kemesraan, cinta diri sendiri dan pemujaan. b) Manusia dan keindahan yang terdiri dari renungan, keserasian dan kehalusan. c) Manusia dan penderitaan yang terdiri dari siksaan dan kekalutan mental. d) Manusia dan keadilan yang terdiri dari kejujuran, kebenaran, pemulihan nama baik dan pembalasan. e) Manusia dan pandangan hidup yang terdiri dari cita-cita, kebajikan, etika dan sikap hidup. f) Manusia dan tanggung jawab yang terdiri dari kesadaran, pengorbanan dan pengabdian. g) Manusia dan kegelisahan yang terdiri dari keterasingan, kesepian dan ketidakpastian. h) Manusia dan harapan yang terdiri dari kepercayaan dan harapan terakhir. (2) dongeng Hänsel und Gretel dan Dornröschen memiliki 2 jenis bentuk penyampaian nilai kemanusiaan, yaitu bentuk penyampaian langsung dan bentuk penyampaian tidak langsung. Bentuk penyampaian yang paling dominan dalam dongeng Hänsel und Gretel dan Dornröschen adalah bentuk penyampaian langsung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: dongeng, nilai, nilai kemanusiaan, kinder und hausmarchen
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 14 Apr 2015 07:07
Last Modified: 29 Jan 2019 21:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16437

Actions (login required)

View Item View Item