STRATEGI PEMBELAJARAN MENANGANI SURAT DAN DOKUMEN KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMKN 1 BAWANG BANJARNEGARA

Winarni, Wina (2013) STRATEGI PEMBELAJARAN MENANGANI SURAT DAN DOKUMEN KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMKN 1 BAWANG BANJARNEGARA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WINARNI.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

STRATEGI PEMBELAJARAN MENANGANI SURAT DAN DOKUMEN KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMKN 1 BAWANG BANJARNEGARA Oleh: Winarni NIM. 09402244047 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Strategi pembelajaran menangani surat dan dokumen, (2) hambatan yang dialami oleh peserta didik dan guru mata pelajaran menangani surat dan dokumen, (3) kompetensi peserta didik dalam mata pelajaran menangani surat dan dokumen, (4) upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan pada saat pembelajaran mata pelajaran menangani surat dan dokumen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini hanya memaparkan situasi ataupun peristiwa sebenarnya yang ada di lapangan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan cara mereduksi data yang telah diperoleh, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Teknik triangulasi yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber, yaitu dengan cara membandingkan data hasil wawancara dari guru menangani surat dan dokumen, dengan guru mata pelajaran produktif lainnya, Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran menangani surat dan dokumen adalah sebagai berikut, 1) komponen guru: pengalokasian waktu dalam proses pembelajaran masih belum dilakukan secara baik, kegiatan praktik dalam pembelajaran masih sangat kurang, 2) komponen peserta didik: tingkat kedisiplinan peserta didik masih rendah, motivasi peserta didik dalam pembelajaran masih rendah, 3) sarana pembelajaran: jumlah ruangan kelas yang masih terbatas, jumlah LCD yang jumlahnya masih belum memenuhi kebutuhan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disampaikan saran kepada guru SMKN 1 Bawang antara lain: agar peserta didik memiliki motivasi dalam pembelajaran, guru hendaknya menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, guru melakukan tahapan-tahapan dalam pembelajaran dengan baik, kegiatan praktik di sekolah lebih diperbanyak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 16 Apr 2015 04:36
Last Modified: 29 Jan 2019 21:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16433

Actions (login required)

View Item View Item