ANALISIS KESALAHAN KARANGAN BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XII SMA N 2 KLATEN

Liman, Herlina Velentini (2015) ANALISIS KESALAHAN KARANGAN BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XII SMA N 2 KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Herlina Velentini Liman 10203244029.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan aspek kebahasaan tataran morfologi, sintaksis, leksikal dan ortografi dalam tulisan bahasa Jerman peserta didik kelas XII SMA Negeri 2 Klaten. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 16 peserta didik, dan dilakukan dengan teknik Accidental sampling. Pengambilan data dilakukan dengan tes menulis karangan terpimpin bahasa Jerman. Objek datanya adalah semua unsur kesalahan yang terdapat pada aspek morfologi, sintaksis, leksikal, dan ortografi. Analisis kesalahan menggunakan karangan bahasa Jerman peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) kesalahan pada aspek morfologi berjumlah 130 (35,42%) kesalahan, yaitu pada kesalahan penggabungan kata 16, kesalahan konjugasi kata kerja 50 kesalahan, kesalahan deklinasi kata benda 59 kesalahan, dan kesalahan konjugasi kata sifat 5 kesalahan, (2) kesalahan pada aspek sintaksis terdapat 22 kesalahan (5,99%), yang meliputi kesalahan tata letak unsur kalimat pada kalimat berita yaitu pada posisi kata kerja 22, (3) kesalahan pada aspek leksikal berjumlah 72 (19,62%) yang terdiri dari kesalahan pemilihan kata benda sebanyak 14, kesalahan pemilihan kata kerja 36, kesalahan pemilihan kata sifat sebanyak 3, kesalahan pemilihan kata depan sebanyak 15 dan kesalahan pemilihan kata penghubung 4, (4) kesalahan pada aspek ortografi sebanyak 143 (38,96%) kesalahan diantaranya kesalahan dalam penulisan huruf kapital 79 kesalahan, 9 butir kesalahan penulisan tanda baca, 12 butir kesalahan penulisan Umlaut, 14 pemisahan (Split), 7 penghilangan (Ommision), 12 penambahan (Addition), dan penulisan huruf 10 kesalahan. Faktor penyebab munculnya kesalahan tersebut adalah faktor performansi dan kompetensi, dan sumber munculnya kesalahan tersebut adalah interferensi dan intralingual.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan, karangan
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 14 Apr 2015 06:59
Last Modified: 29 Jan 2019 21:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16432

Actions (login required)

View Item View Item