IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK MA’ARIF 1 NGLUWAR TAHUN AJARAN 2012/2013

Wulandari Neni, Wulan (2013) IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK MA’ARIF 1 NGLUWAR TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK MA’ARIF 1 NGLUWAR TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: NENI WULANDARI 09403244049 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar pada Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Ma’arif 1 Ngluwar Tahun Ajaran 2012/2013 melalui implementasi Model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT). Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif, artinya penelitian ini dilakukan dengan kerjasama dengan guru Akuntansi SMK Ma’arif 1 Ngluwar. Subyek penelitian yaitu siswa kelas X Akuntansi 1 yang terdiri dari 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari 5 kali pertemuan, dimana siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan sedangkan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan.Indikator keberhasilan penelitian ini adalah pada Hasil Belajar ranah kognitif 75% siswa dalam satu kelas mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75 dan mengalami peningkatan nilai rata-rata pre test ke nilai rata-rata post test, sedangkan Hasil Belajar ranah afektif 75% dari keseluruhan siswa mendapat nilai minimal tinggi atau sangat tinggi, dan setiap indikator memperoleh persentase sekurang-kurangnya 75%. Hasil penelitian ini menunjukkan, terdapat peningkatan Hasil Belajar ranah kognitif, pada pra siklus jumlah siswa yang tuntas 9 atau 33,33%, sedangkan yang tidak tuntas terdapat 18 siswa atau 66,67%, pada siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai 20 (80%) dari 25 siswa yang mengikuti post testdan 5 (20%) siswa yang tidak tuntas, pada siklus IIsiswa yang tuntas mencapai 24 (96%) dari 25 siswa yang mengikuti post test dan 1 (4%) siswa yang tidak tuntas. Hasil belajar ranah afektif pada siklus I terdapat 3 (11,54%) siswa yang mendapat kategori nilai sangat tinggi, 4 (15,4%) siswa mendapat kategori nilai tinggi, 17 (65,4%) siswa mendapat kategori nilai rendah dan 2 (7,66%) siswa yang mendapat kategori nilai sangat rendah, sedangkan siklus II terdapat 19 (73,07%) siswa yang memperoleh kategori nilai sangat tinggi, 6 (23,07%) siswa yang mendapat kategori nilai rendah, dengan rata-rata afektif pada siklus I 58,93% dan pada siklus II 81,04%. Kata kunci: Model Cooperative Learning, Tipe Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:34
Last Modified: 29 Jan 2019 21:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16428

Actions (login required)

View Item View Item