AUDIT MANAJEMEN ATAS FUNGSI SUMBER DAYA MANUSIA GUNA MENINGKATKAN KEEFEKTIVAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA PADA ADiTV YOGYAKARTA

Rahma Ifa Noor, Ifa (2013) AUDIT MANAJEMEN ATAS FUNGSI SUMBER DAYA MANUSIA GUNA MENINGKATKAN KEEFEKTIVAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA PADA ADiTV YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
IFA NOOR RAHMA SKRIPSI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK AUDIT MANAJEMEN ATAS FUNGSI SUMBER DAYA MANUSIA GUNA MENINGKATKAN KEEFEKTIVAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA PADA ADiTV YOGYAKARTA Oleh: Ifa Noor Rahma 10412147004 Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas fungsi sumber daya manusia serta memberikan saran dan rekomendasi dari temuan kelemahan yang terdapat pada ADiTV Yogyakarta. Aktivitas sumber daya manusia yang diteliti meliputi: desain dan perencanaan, rekrutmen dan seleksi, pelatihan dan pengembangan, promosi jabatan, keselamatan dan kesehatan, serta pemutusan hubungan kerja. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi, observasi serta studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dengan cara melakukan penilaian efektivitas pada fungsi personalia berdasarkan perbandingkan antara kriteria, penyebab dan akibat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diketahui bahwa terdapat beberapa kelemahan yang menyebabakan belum tercapainya efektivitas pada fungsi personalia. Kelemahan tersebut diantaranya belum dapat melakukan peramalan kebutuhan di masa yang akan datang secara pasti, belum mengadakan promosi jabatan bagi karyawan tetap, belum dilakukan penilaian kinerja pada masing-masing karyawan, belum semua karyawan yang mendapatkan asuransi jamsostek, belum memiliki alat pencegahan dan penanggulangan bencana, dan belum dilakukannya penilaian tingkat kepuasan karyawan. Berdasarkan temuan kelemahan, maka diberikan rekomendasi sebagai masukan bagi ADiTV Yogyakarta untuk meningkatkan fungsi SDM diantaranya yaitu: 1) Melengkapi SOP sebagai pedoman kegiatan, 2) Melakukan peramalan terhadap kebutuhan pegawai di masa datang, 3) Mengadakan studi banding ke stasiun TV lainnya untuk saling tukar menukar informasi dan menambah pengetahuan, 4) Mengadakan promosi jabatan, 5) Melengkapi peralatan pencegahan dan penanganan bencana, 6) Mengadakan program penilaian kepuasan karyawan, 7) Melakukan perencanaan terhadap karyawan yang rangkap jabatan, 8) Memberikan asuransi jamsostek bagi karyawan kontrak yang mempunyai resiko kerja yang tinggi, 9) Mengadakan perencanaan dan pengembangan karir bagi seluruh karyawan, 10) Membuat standar penilaian kinerja untuk setiap karyawan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16419

Actions (login required)

View Item View Item