Septami, Erlita Galih Kristalina (2015) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 1 SMA N 1 SEDAYU BANTUL MELALUI KARTU DOMINO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Erlita Galih KS 10203244039.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan: (1) sikap positif peserta didik pada pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman, dan (2) prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XI IPA 1 SMA N 1 Sedayu Bantul melalui kartu domino. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur tindakan ditentukan bersama secara kolaboratif antara peneliti, guru dan peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 SMA N 1 Sedayu Bantul. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi kelas, wawancara, catatan lapangan, angket, dokumentasi dan tes keterampilan berbicara bahasa Jerman. Data dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat keberhasilan proses berupa peningkatan sikap positif peserta didik pada pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman sebesar 15,56%, ditandai dengan meningkatnya sikap santun, disiplin, peduli, tanggung jawab, toleran, dan aktif, dan (2) terdapat keberhasilan produk berupa peningkatan keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XI IPA 1 SMA N 1 Sedayu Bantul melalui kartu domino sebesar 13, 63%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berbicara, bahasa Jerman, kartu domino |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS |
Date Deposited: | 14 Apr 2015 06:32 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 20:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16415 |
Actions (login required)
View Item |