PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TENTANG EXPECTATION GAP DAN TANGGUNG JAWAB AUDITOR (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta)

Permatasari Barnadetta Yunia, Nia (2013) PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TENTANG EXPECTATION GAP DAN TANGGUNG JAWAB AUDITOR (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TENTANG EXPECTATION GAP DAN (1).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TENTANG EXPECTATION GAP DAN TANGGUNG JAWAB AUDITOR (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta) Oleh: BERNADETTA YUNIA PERMATASARI NIM. 09412144015 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Persepsi mahasiswa akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta tentang Expectation Gap, (2) Persepsi mahasiswa akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta tentang Tanggung Jawab Auditor. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta tahun angkatan 2009, 2010 dan 2011 dengan sampel diambil secara stratified sampling sebanyak 102 mahasiswa. Data yang dikumpulkan merupakan data primer dengan metode angket. Sebelum pembagian angket terlebih dulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta tentang Expectation Gap pada kategori sangat tinggi. Hal tersebut ditunjukkan pada masing-masing indikator, yaitu : (a) indikator Melakukan Audit Dengan Kompetensi Teknik, Integritas, Independen, dan Obyektif 86,29% pada kategori sangat tinggi dan 14,71% pada kategori tinggi, (b) indikator Mencari dan Mendeteksi Salah Saji Material 58,82% pada kategori sangat tinggi dan 41,18% pada kategori tinggi, (c) indikator Mencegah Diterbitkannya Laporan Keuangan yang Menyesatkan 50% pada kategori sangat tinggi dan 48,04% pada kategori tinggi. (2) Persepsi Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta tentang Tanggung Jawab Auditor pada kategori tinggi. Hal tersebut ditunjukkan oleh masing-masing indikator, yaitu: (a) indikator Mendeteksi Kekeliruan dan Ketidakberesan 25,49% pada kategori sangat tinggi, 67,65% pada kategori tinggi, dan kategori rendah sebesar 6,86%, (b) indikator Melaporkan Kekeliruan dan Ketidakberesan 38,24% pada kategori sangat tinggi, 60,78% kategori tinggi,dan kategori rendah sebesar 0,98%, (c) indikator Melaporkan Pelanggaran Hukum Oleh Klien 50% berada pada kategori sangat tinggi, 50% berada pada kategori tinggi, (d) indikator Pelaporan Tentang Pertimbangan Auditor atas Kemampuan Satuan Usaha Dalam Mempertahankan Kelangsungan Hidupnya 22.55% pada kategori sangat tinggi, 76,47% kategori tinggi, dan kategori rendah sebesar 6,86 Kata kunci : mahasiswa akuntansi, expectation gap, tanggung jawab auditor.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16413

Actions (login required)

View Item View Item