MOTIVASI ORANG TUA MENYEKOLAHKAN ANAK KE KELAS OLAHRAGA DI SMP NEGERI 2 TEMPEL KABUPATEN SLEMAN

Hendra Gunawan, Hendra Gunawan (2013) MOTIVASI ORANG TUA MENYEKOLAHKAN ANAK KE KELAS OLAHRAGA DI SMP NEGERI 2 TEMPEL KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
HENDRA GUNAWAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran orang tua dalam mengurusi pendidikan anak yaitu menyekolahkan anak di kelas olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi orang tua menyekolahkan anak ke kelas olahraga di SMP Negeri 2 Tempel Kabupaten Sleman. Penelitian merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei dan menggunakan instrumen angket. Teknik pengumpulan data dengan memberikan angket kepada orang tua siswa kelas olahraga. Subjek penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa kelas olahraga dari kelas VII, VIII, dan IX yang berjumlah 99 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan model “one-shot”. Teknik analisis yang dilakukan adalah menuangkan frekuensi ke dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi orang tua menyekolahkan anak ke kelas olahraga adalah sangat tinggi. Motivasi orang tua yang berkategori sangat tinggi 46.6%, tinggi 53.4%, sedang 0%, rendah 0% dan sangat rendah 0%. Secara rinci sebagai berikut dari faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Motivasi orang tua yang berasal dari faktor intrinsik dengan berkategori sangat tinggi 69.3%, tinggi 29.5%, sedang 1,1%, rendah 0% dan sangat rendah 0%. Motivasi orang tua yang berasal dari faktor ekstrinsik dengan berkategori sangat tinggi 36.4%, tinggi 59.1%, sedang 4.5 %, rendah 0% dan sangat rendah 0%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 14 Apr 2015 06:22
Last Modified: 29 Jan 2019 20:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16409

Actions (login required)

View Item View Item