IMPLEMENTASI INTERNATIONAL ACCOUNTING STANDARDS (IAS) 41 TENTANG BIOLOGICAL ASSET PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IX (PERSERO) KEBUN GETAS

Anggraeningtyas Elvi Mutiara Dara, Tyas (2013) IMPLEMENTASI INTERNATIONAL ACCOUNTING STANDARDS (IAS) 41 TENTANG BIOLOGICAL ASSET PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IX (PERSERO) KEBUN GETAS. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
DELVI MUTIARA (09412144022).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI INTERNATIONAL ACCOUNTING STANDARDS (IAS) 41 TENTANG BIOLOGICAL ASSET PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IX (PERSERO) KEBUN GETAS Oleh: DELVI MUTIARA DARA ANGGRAENINGTYAS 09412144022 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlakuan akuntansi Biological Asset pada PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) Kebun Getas berdasarkan PSAK No. 14 dan PSAK No. 16 dan mengetahui perlakuan akuntansi Biological Asset berdasarkan IAS 41. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) Kebun Getas. Objek penelitian adalah jurnal, neraca serta dokumen dokumen pendukung lain yang berhubungan dengan proses pelaporan keuangan PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) Kebun Getas. Instrumen penelitian dengan variabel Perlakuan Akuntansi Biological Asset, indikatornya pengakuan, pengukuran, penyajian dan pengungkapan. Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan cara reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diketahui (1) Perlakuan Akuntansi Biological Asset pada PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero), yaitu pengakuan Biological Asset sebagai Aset Tetap dan produk agrikutur sebagai Persediaan, pengukuran Biological Asset dan persediaan berdasarkan historical cost, penyajian Biological Asset pada Neraca di pos Aset Tidak Lancar dan Persediaan pada Neraca di pos Aset Lancar serta seluruh kegiatan operasi dan kebijakan perusahaan diungkapkan pada Catatan atas Laporan Keuangan (2) Perlakuan Akuntansi Biological Asset berdasarkan IAS 41, yaitu pengakuan Biological Asset sebagai Biological Asset itu sendiri dan produk agrikultur sebagai Persedian, pengukuran Biological Asset berdasarkankan nilai wajar setelah dikurangi dengan estimasi biaya penjualan (fair value less to cost point of sell), penyajian Biological Asset pada Neraca di pos Aset Tidak Lancar dan Persediaan pada Neraca di pos Aset Lancar serta seluruh kegiatan operasi dan kebijakan perusahaan diungkapkan pada Catatan atas Laporan Keuangan. Kata kunci: Biological Asset, IAS 41, Perlakuan Akuntansi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 17 Apr 2015 00:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16407

Actions (login required)

View Item View Item