KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN PREZI ZOOM PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TERPIMPIN BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 1 ASEMBAGUS SITUBONDO

Nurcahyo, Yusuf Tri (2015) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN PREZI ZOOM PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TERPIMPIN BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 1 ASEMBAGUS SITUBONDO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yusuf Tri Nurcahyo 09203241008.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan menulis terpimpin bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Asembagus Situbondo antara yang diajar menggunakan Prezi Zoom dan yang diajar menggunakan media konvensional, (2) keefektifan penggunaan Prezi Zoom dalam pembelajaran keterampilan menulis terpimpin bahasa Jerman. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Asembagus Situbondo yang berjumlah 65 peserta didik. Pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas X IPA 1 (33 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 (32 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui skor keterampilan menulis bahasa Jerman pada pre-test dan post-test. Penelitian ini memiliki 2 variabel yaitu penggunaan Prezi Zoom sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis terpimpin bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Uji validitasmenggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Dari perhitungan didapat nilai rhitung = 0,830 > rtabel 0,3 Dengan demikian instrumen dinyatakan valid. Koefisien realibilitas sebesar 0,6. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung (sebesar 0,026) lebih besar dari pada ttabel (sebesar 2 , 0 0 ), pada taraf sinifikansi α = 0,05 dan db sebesar 63. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar dalam keterampilan menulis terpimpin bahasa Jerman peserta didik antara yang diajar dengan menggunakan Prezi Zoom dan dengan media konvensional (2) penggunaan Prezi Zoom dalam pembelajaran keterampilan menulis terpimpin bahasa Jerman lebih efektif dibandingkandengan media konvensional. Hasil post-test kedua kelompok menunjukan bahwa rerata kelompok eksperimen sebesar 82,788 sedangkan kelompok kontrol sebesar 8 0 , 0 dan bobot keefektifan 7 , 1 %.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Prezi Zoom, menulis terpimpin, bahasa jerman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 14 Apr 2015 04:35
Last Modified: 29 Jan 2019 20:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16394

Actions (login required)

View Item View Item