PEMAHAMAN GURU ALIH FUNGSI TERHADAP PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK DI SD NEGERI BROSOT GALUR KULON PROGO

Aprin, Saputri (2015) PEMAHAMAN GURU ALIH FUNGSI TERHADAP PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK DI SD NEGERI BROSOT GALUR KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Aprin Saputri_10108241031.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru alih fungsi terhadap perkembangan peserta didik di SD Negeri Brosot Galur, Kulon Progo. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah guru alih fungsi di kelas IA dan IIA SD Negeri Brosot. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari tahap reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan menggunakan uji kredibilitas melalui triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, dan member check. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan yang dapat ditarik adalah: 1) guru alih fungsi belum sepenuhnya memahami perkembangan fisik peserta didik yang ditunjukkan ketika memilih media dan sumber belajar kurang memperhatikan perbedaan individual, 2) guru alih fungsi belum memahami perkembangan intelektual peserta didik dengan baik yang ditunjukkan ketika pembelajaran guru lebih dominan menggunakan LKS daripada media, 3) guru alih fungsi kurang memahami perkembangan emosi peserta didik yang ditunjukkan ketika interaksi belajar mengajar, guru kurang memperhatikan perubahan tingkah laku peserta didik yang kurang aktif selama mengikuti proses pembelajaran sebagai cerminan perubahan emosinya, dan 4) guru alih fungsi sudah memahami perkembangan sosial dan moral peserta didik yang ditunjukkan ketika pembelajaran guru sudah mengembangkan potensi peserta didik sesuai dengan norma, kebiasaaan, dan nilai kebudayaan, memberikan pesan moral, dan membantu peserta didik bersosialisasi. Kata kunci: pemahaman, guru alih fungsi, perkembangan peserta didik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:37
Last Modified: 29 Jan 2019 20:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16388

Actions (login required)

View Item View Item