PENGATURAN SARANA DAN PRASARANA PADA KEBIJAKAN REGROUPING SEKOLAH DI SD NEGERI UMBULHARJO 2 CANGKRINGAN SLEMAN

Gugun Ramdhan, Natapraja (2015) PENGATURAN SARANA DAN PRASARANA PADA KEBIJAKAN REGROUPING SEKOLAH DI SD NEGERI UMBULHARJO 2 CANGKRINGAN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Gugun ramdhan Natapraja.pdf

Download (43MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispsikan: 1) Pengaturan sarana dan prasarana pada kebijakan regrouping di SD Negeri Umbulharjo 2; dan 2) Faktor penghambat pengaturan sarana dan prasarana dan solusinya di SD Negeri Umbulharjo 2 Cangkringan Sleman sebagai sekolah hasil regrouping. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah dan Guru di lingkungan SD Negeri Umbulharjo 2. Objek kajiannya yaitu efektifitas pengaturan sarana pada kebijakan regrouping di sekolah. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah SD Negeri Umbulharjo 2. Analisis data dalam penelitian ini menggunaan analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan cara triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengaturan sarana dan prasarana pada kebijakan regrouping diberlakukan di SD Negeri Umbulharjo 2 melalui tahapan perencanaan, pemanfaatan, dan pemeliharaan; 2) Faktor penghambat pengaturan sarana dan prasarana dalam regrouping: a) Tahap perencanaan sarana dan prasarana yaitu ketersediaan data dokumentasi inventaris sarana prasarana yang ada karena erupsi Gunung Merapi; b) Tahap pemanfaatan yaitu Penyesuaian alat-alat baru; c) Tahap pemeliharaan tidak ditemukan hambatan hanya saja terkadang kesulitan dalam pengiriman perbaikan media belajar. Solusi dari faktor penghambat tersebut yaitu; 1) Melakukan penertiban data inventarisasi dan mengamankan data inventaris sekolah dalam bentuk soft file, sehingga jika terjadi kondisi postmajeur seperti erupsi merapi agar sekolah tetap memiliki data administratif yang lengkap dan aman; 2) Mempelajari fungsi alat-alat baru tersebut agar lebih mudah dalam penyesuaian pemanfaatannya; 3) Menyediakan alat transportasi guna mengangkut media belajar yang berukuran besar. Kata kunci: pengaturan sarana dan prasarana, regrouping

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Jul 2015 01:22
Last Modified: 29 Jan 2019 20:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16382

Actions (login required)

View Item View Item