PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA SISTEM PENDINGIN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA

Wahidin, (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA SISTEM PENDINGIN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA. D3 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
AUDIO VISUAL MEDIA DEVELOPMENT LEARNING AS A COOLING SYSTEM IN EFFORTS TO IMPROVE STUDENT LEARNING ACHIEVEMENT IN INDUSTRY SMK YOGYAKARTA.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk perangkat lunak komputer, sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Perindustrian Yogyakarta; (2) Mengetahui kualitas media audio visual yang sesuai dengan kriteria kualitas media pembelajaran otomotif untuk SMK yang baik; (3) Menghasilkan media pembelajaran audio visual pada sistem pendingin yang layak diimplementasikan sebagai media pembelajaran di SMK Perindustrian Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dilakukan di Jurusan Teknik Mekanik Otomotif di SMK Perindustrian Yogyakarta. Penelitian ini berupa pengembangan media pembelajaran audio visual mata pelajaran sistem pendingin. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket) dan soal tes (pretest & postest). Teknik analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dan uji coba penerapan media dilakukan dengan cara membandingkan hasil pretest & posttest dari dua kelompok yang menggunakan media audio visual dan yang tidak menggunakan media audio visual. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran audio visual. Pengembangan media pembelajaran dinyatakan sangat baik untuk digunakan berdasarkan uji kelayakan menurut ahli media pembelajaran dengan persentase total sebesar 81,6%, ahli materi dengan persentase total sebesar 85%, penilaian guru mata pelajaran dengan persentase total 90%, hasil uji kelompok kecil dengan persentase total sebesar 87,1% dan uji coba kelompok besar dengan persentase total sebesar 86,7%. Media pembelajaran dengan audio visual ini telah teruji keefektifannya untuk meningkatkan prestasi belajar. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dengan audio visual yang dikembangkan sangat baik digunakan sebagai pendukung pembelajaran untuk mata pelajaran sistem pendingin dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2012 01:34
Last Modified: 29 Jan 2019 01:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1638

Actions (login required)

View Item View Item