PENGARUH METODE MENGAJAR GURU DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2012/2013

Fadila Riska Nur, Riska (2013) PENGARUH METODE MENGAJAR GURU DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
skripsi full.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENGARUH METODE MENGAJAR GURU DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: Riska Nur Fadila 09403241038 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui Pengaruh Metode Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2012/2013, 2) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2012/2013, 3) Pengaruh Metode Mengajar Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini adalah 79 siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 26 siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel yang tidak menjadi bagian dari sampel. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner atau angket. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga. Hasil penelitian ini adalah 1) Metode Mengajar Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK N 1 Tempel tahun ajaran 2012/2013 yang ditunjukkan dengan nilai r x1y sebesar 0,531, r2x1y sebesar 0,282 dan nilai t hitung lebih besar dari t tabel sebesar 5,493 > 1,664, 2) Penggunaan Media Pembelajaran berpengaruh positif dan sigifikan terhadap Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK N 1 Tempel tahun ajaran 2012/2013 yang ditunjukkan dengan nilai r x2y sebesar 0,515 r2x2y sebesar 0,265 dan nilai t hitung lebih besar dari t tabel sebesar 5,270 > 1,664, 3) Metode Mengajar Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK N 1 Tempel tahun ajaran 2012/2013 yang ditunjukkan dengan nilainilai R y(1,2) sebesar 0,601, R2 y(1,2) sebesar 0,362 dan nilai F hitung lebih besar dari F tabel sebesar 21,527 > 3,12. Kata kunci: metode mengajar guru, penggunaan media pembelajaran, motivasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16366

Actions (login required)

View Item View Item