PENGUJIAN EFISIENSI PASAR BENTUK SETENGAH KUAT SECARA KEPUTUSAN TERHADAP INISIASI DIVIDEN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Sari, Novita (2015) PENGUJIAN EFISIENSI PASAR BENTUK SETENGAH KUAT SECARA KEPUTUSAN TERHADAP INISIASI DIVIDEN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. S1 thesis, Manajemen.

[img]
Preview
Text
NovitaSari_11408141033.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efisiensi pasar bentuk setengah kuat secara keputusan terhadap inisiasi dividen di Bursa Efek Indonesia. Pengujian yang dilakukan mencakup pengujian kandungan informasi, pengujian kecepatan reaksi pasar dan pengujian ketepatan reaksi pasar. Jenis penelitian ini adalah event study. Populasi penelitian adalah semua perusahaan yang melakukan inisiasi dividen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2013. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan terdapat 25 perusahaan yang memenuhi kriteria. Penelitian ini menggunakan uji one sample t-test untuk menguji hipotesis dan model untuk menghitung abnormal return adalah Capital Market Pricing Model (CAPM). Hasil penelitian menunjukkan adanya kandungan informasi dari inisiasi dividen. Terdapat abnormal return yang signifikan pada t-6 sebesar 0,031 dan t+7 sebesar 0,033. Hasil pengujian kecepatan reaksi pasar menunjukkan bahwa investor bereaksi lambat dan berkepanjangan terhadap inisiasi dividen. Pengujian ketepatan reaksi pasar tidak perlu dilakukan karena merujuk pada hasil pengujian kecepatan reaksi pasar telah menunjukkan bahwa pasar sudah tidak efisien. Berdasarkan hasil pengujian di atas, dapat disimpulkan bahwa Bursa Efek Indonesia belum efisien bentuk setengah kuat secara keputusan terhadap inisiasi dividen.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16352

Actions (login required)

View Item View Item