ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN DIVIDEN DENGAN SIZE (UKURAN PERUSAHAAN) SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANGTERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Nursandari, Meilina (2015) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN DIVIDEN DENGAN SIZE (UKURAN PERUSAHAAN) SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANGTERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. S1 thesis, Manajemen.

[img]
Preview
Text
Meilina_12808147003.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan dividen dengan Size (ukuran perusahaan) sebagai variabel moderasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Kebijakan Dividen. Variabel Dependennya adalah Profitabilitas, dan likuiditas, dan Size (Ukuran Perusahaan) sebagai Variabel Moderasi. Desain penelitian ini menggunakan studi kausalitas. Populasi penelitian ini meliputi semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Data populasi penelitian sebanyak 136 perusahaan, dan diperoleh sampel sebanyak 21 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi moderasi (moderated regression analysis). Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) variabel Profitabilitas (ROE) berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen (DPR), sehingga hipotesis pertama diterima. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 5,373 dan tingkat signifikansi 0,000, lebih kecil dari tingkat signifikansi yang ditetapkan (0,000 < 0,05). (2) Variabel Size (Ukuran Perusahaan) tidak memperkuat pengaruh profitabilitas terhadap kebijakan dividen, sehingga hipotesis kedua ditolak. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar - 0,243 pada tingkat signifikansi lebih besar dari tingkat signifikansi yang ditetapkan (0,809 > 0,05). (3) variabel likuiditas berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen (DPR).Hal ini ditujukkan dengan t-hitung sebesar 8,049 dengan probabilitas tingkat kesalahan lebih kecil dari tingkat signifikansi yang ditetapkan (0,000 < 0,05), sehingga hipotesis ketiga diterima. (4) variabel size (ukuran perusahaan) memperkuat pengaruh likuiditas terhadap keputusan dividen sehingga hipotesis keempat diterima. Hal ini ditunjukkan dengan t-hitung sebesar sebesar 3,198 dengan probabilitas tingkat kesalahan lebih kecil dari tingkat signifikansi yang ditetapkan (0,002 < 0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16349

Actions (login required)

View Item View Item