PERSEPSI GURU DAN SISWA MENGENAI PEMANFAATAN INTERNET DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI SE-KOTA MAGELANG

Arfiyanti Tiya, Tiya (2013) PERSEPSI GURU DAN SISWA MENGENAI PEMANFAATAN INTERNET DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI SE-KOTA MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PERSEPSI GURU DAN SISWA MENGENAI PEMANFAATAN INTERNET DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI SE-KOTA MAGELANG Disusun Oleh: Tiya Arfiyanti NIM. 08404241009 Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) Persepsi guru mengenai pemanfaatan internet dalam pembelajaran ekonomi; (2) Persepsi siswa mengenai pemanfaatan internet dalam pembelajaran ekonomi; (3) Kendala-kendala yang ditemui dalam pemanfaatan internet untuk pembelajaran ekonomi di SMA Negeri se-Kota Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru ekonomi dan siswa kelas XI jurusan IPS yang ada di SMA Negeri se-Kota Magelang. Jumlah responden yang diambil 15 guru ekonomi dan 229 siswa dari 662 yang diambil menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Persepsi guru mengenai pemanfaatan internet ditinjau dari segi tambahan tergolong baik, dibuktikan dari perhitungan analisis data bahwa pemanfaatan internet sebagai tambahan dengan kategori baik mencapai 73,3%. Ditinjau dari segi pelengkap tergolong cukup, dibuktikan dari perhitungan analisis data bahwa pemanfaatan internet sebagai pelengkap dengan kategori cukup mencapai 40%. Ditinjau dari segi pengganti tergolong kurang, dibuktikan dari perhitungan analisis data bahwa pemanfaatan internet sebagai pengganti dengan kategori kurang mencapai 46,7%; (2) Persepsi siswa mengenai pemanfaatan internet ditinjau dari segi tambahan tergolong baik, dibuktikan dari perhitungan analisis data bahwa pemanfaatan internet sebagai tambahan dengan kategori baik mencapai 63,8%. Ditinjau dari segi pelengkap tergolong cukup, dibuktikan dari perhitungan analisis data bahwa pemanfaatan internet sebagai pelengkap dengan kategori cukup mencapai 42,4%. Ditinjau dari pemanfaatan internet sebagai pengganti tergolong kurang, dibuktikan dari perhitungan analisis data bahwa pemanfaatan internet sebagai pengganti dengan kategori kurang mencapai 55,9% (3) Kendala-kendala yang ditemui dalam pemanfaatan internet untuk pembelajaran ekonomi adalah faktor kebiasaan mengajar secara tatap muka sehingga siswa tidak aktif dan tidak bisa mengembangkan pikirannya, internet sebagai sumber belajar belum dimanfaatkan secara maksimal sehingga guru dan siswa hanya terbatas menggunakan buku paket, dan belum dimasukkannya pemanfaatan internet ke dalam kurikulum secara eksplisit. Kata kunci: pemanfaatan internet, pembelajaran ekonomi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16345

Actions (login required)

View Item View Item