PERANAN INDUSTRI KERAJINAN SERAT ALAM TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA DI DESA TANJUNG HARJO KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO

Rochana, Ana (2013) PERANAN INDUSTRI KERAJINAN SERAT ALAM TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA DI DESA TANJUNG HARJO KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Rochana.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PERANAN INDUSTRI KERAJINAN SERAT ALAM TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA DI DESA TANJUNG HARJO KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO Disusun oleh: Rochana 08404244049 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)Peranan industri kerajinan serat alam terhadap pendapatan keluarga pengrajin di Desa Tanjung Harjo Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo. 2)Peranan industri kerajinan serat alam terhadap penyerapan tenaga kerja di Desa Tanjung Harjo Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah tenaga kerja yang bekerja pada industri kerajinan serat alam di Desa Tanjung Harjo Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo yaitu sebanyak 400 orang. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 50 orang. Metode pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif dengan tabel frekuensi dan tabulasi silang. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa: 1).Peranan industri kerajinan serat alam terhadap pendapatan keluarga di Desa Tanjung Harjo Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo sebesar 34,62 %. Dimana jumlah keseluruhan pendapatan keluarga dari industri kerajinan serat alam sebesar Rp 19.250.000,00 dan total pendapatan keluarga dari pendapatan pokok dan pendapatan lainnya sebesar Rp 55.600.000,00. 2).Peranan industri kerajinan serat alam terhadap penyerapan tenaga kerja di Desa Tanjung Harjo Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo sebesar 32,04 %. Dimana jumlah angkatan kerja yang bekerja di industri kerajinan serat alam sebanyak 672 orang (400 orang tenaga kerja yang bekerja di industri kerajinan serat alam dan mampu melibatkan tenaga kerja keluarga sebanyak 272 orang). Sedangkan jumlah angkatan kerja di Desa Tanjung Harjo sebanyak 2.097 orang. Kata Kunci: industri kerajinan serat alam, pendapatan keluarga, penyerapan tenaga kerja.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16343

Actions (login required)

View Item View Item