PROFIL KOMPETENSI GURU SMP PGRI SEMANU

Dwi, Cahyono (2015) PROFIL KOMPETENSI GURU SMP PGRI SEMANU. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
dwi cahyono_10101244021.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kompetensi guru tentang: (1) kompetensi pedagogik, (2) Kompetensi kepribadian, (3) kompetensi sosial, dan (4) kompetensi profesional guru SMP PGRI Semanu. Keempat kompetensi ini akan dideskripsikan berdasarkan usia, kualifikasi dan kesesuaian bidang studi guru SMP PGRI Semanu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah semua guru SMP PGRI Semanu dan siswa SMP PGRI Semanu sebagai informan cross check data. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi, dan member check. Analisis data menggunakan teknik interactive model dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Kompetensi guru berdasarkan usia guru SMP PGRI Semanu dideskripsikan berdasarkan empat kelompok usia, yaitu kelompok usia diatas 50 tahun, kelompok usia 40 sampai dengan 49 tahun, kelompok usia 30 sampai dengan 39 tahun dan kelompok usia dibawah 30 tahun, (2) Kompetensi guru berdasarkan kualifikasi guru SMP PGRI Semanu dideskripsikan dalam dua kelompok yaitu guru yang sudah bersertifikasi dan guru yang belum bersertifikasi, dan (3) Kompetensi guru berdasarkan kesesuaian bidang studi guru SMP PGRI semanu dideskripsikan dalam dua kelompok, yaitu guru yang memiliki latar belakang bidang studi sesuai dengan mata pelajaran yang diampu dan guru yang memiliki latar belakang bidang studi tidak sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Kata kunci: profil, kompetensi guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Jul 2015 01:21
Last Modified: 29 Jan 2019 20:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16340

Actions (login required)

View Item View Item