Dwi, Cahyono (2015) PROFIL KOMPETENSI GURU SMP PGRI SEMANU. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
dwi cahyono_10101244021.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kompetensi guru tentang: (1) kompetensi pedagogik, (2) Kompetensi kepribadian, (3) kompetensi sosial, dan (4) kompetensi profesional guru SMP PGRI Semanu. Keempat kompetensi ini akan dideskripsikan berdasarkan usia, kualifikasi dan kesesuaian bidang studi guru SMP PGRI Semanu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah semua guru SMP PGRI Semanu dan siswa SMP PGRI Semanu sebagai informan cross check data. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi, dan member check. Analisis data menggunakan teknik interactive model dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Kompetensi guru berdasarkan usia guru SMP PGRI Semanu dideskripsikan berdasarkan empat kelompok usia, yaitu kelompok usia diatas 50 tahun, kelompok usia 40 sampai dengan 49 tahun, kelompok usia 30 sampai dengan 39 tahun dan kelompok usia dibawah 30 tahun, (2) Kompetensi guru berdasarkan kualifikasi guru SMP PGRI Semanu dideskripsikan dalam dua kelompok yaitu guru yang sudah bersertifikasi dan guru yang belum bersertifikasi, dan (3) Kompetensi guru berdasarkan kesesuaian bidang studi guru SMP PGRI semanu dideskripsikan dalam dua kelompok, yaitu guru yang memiliki latar belakang bidang studi sesuai dengan mata pelajaran yang diampu dan guru yang memiliki latar belakang bidang studi tidak sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Kata kunci: profil, kompetensi guru
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Admin Administrasi Pendidikan FIP |
Date Deposited: | 01 Jul 2015 01:21 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 20:56 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16340 |
Actions (login required)
View Item |