PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERMAIN DALAM LATIHAN LOMPAT TERHADAP PRESTASI LOMPAT JAUH SISWA DI SMP N 2 KALASAN TAHUN 2013

Setya Budi, Hernawan Setya Budi (2013) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERMAIN DALAM LATIHAN LOMPAT TERHADAP PRESTASI LOMPAT JAUH SISWA DI SMP N 2 KALASAN TAHUN 2013. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
HERNAWAN SETYA BUDI_09601244143.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh metode bermain meraih bola terhadap peningkatan prestasi lompat jauh, dan metode bermain yang lebih efektif dalam meningkatan prestasi lompat jauh siswa SMP N 2 Kalasan yang mengikuti ekstrakurikuler atletik. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen desain pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 2 Kalasan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakulikuler atletik tahun 2013 berjumlah 10 siswa. Adapun syaratnya sebagai berikut : (1) masih mengikuti ekstrakulikuler atletik. (2) aktif terus selama penelitian. (3) maksimal 3 kali off/tidak hadir. Siswa diberikan perlakuan dengan metode bermain meraih bola, perlakuan (treatmen) dilakukan sebanyak 16 kali pertemuan, dan pengambilan pengukuran pre-test dan post-testdilakukan dengan test lompat jauh dengan satuan meter (m). Teknik analisis data menggunakan uji-t, maka diperlukan uji normalitas dengan menggunakan Lilliefors. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : metode bermain meraih bola berpengaruh signifikan terhadap prestasi lompat jauh dengan t hitung 4,063> t tabel 1,833. Rerata kenaikan prestasi lompat jauh siswa yang telah mendapatkan perlakuan dengan metode bermain meraih bola sebesar 3,67 m. Dari perbandingan pretest dan posttest pada kelompok metode bermain meraih bola, terlihat adanya peningkatan 5,51% dari kemampuan awal siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 14 Apr 2015 02:23
Last Modified: 29 Jan 2019 20:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16325

Actions (login required)

View Item View Item