PERBANDINGAN HASIL PERHITUNGAN TARIF JASA KAMAR RAWAT INAP BERDASARKAN METODE COST PLUS PRICING MELALUI PENDEKATAN FULL COSTING PERIODE 2012 (Studi Kasus RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan RSUD Kota Yogyakarta)

Prihastuti Woro, Hasti (2013) PERBANDINGAN HASIL PERHITUNGAN TARIF JASA KAMAR RAWAT INAP BERDASARKAN METODE COST PLUS PRICING MELALUI PENDEKATAN FULL COSTING PERIODE 2012 (Studi Kasus RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan RSUD Kota Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PERBANDINGAN HASIL PERHITUNGAN TARIF JASA KAMAR RAWAT INAP BERDASARKAN METODE COST PLUS PRICING MELALUI PENDEKATAN FULL COSTING PERIODE 2012 (Studi Kasus RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan RSUD Kota Yogyakarta) Oleh: WORO PRIHASTUTI 11412142005 ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan pada RSU PKU Muhammadiyah dan RSUD Kota Yogyakarta.Penelitian ini mempunyai dua tujuan.(1)bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil perhitungan tarif jasa kamar pasien rawat inap di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta danRSUD Kota Yogyakarta Periode 2012 dengan hasil perhitungan berdasarkan metode cost plus pricing melalui pendekatan full costing. (2) bertujuan untuk mengetahui besarnya hasil perhitungan perbandingan tarif jasa kamar pasien rawat inap yang ditentukan oleh RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan RSUD Kota Yogyakarta Periode 2012 apakah sudah tepat,jika dilihat dari sudut pandang akuntansi manajemen. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.Metode wawancara digunakan untuk memperoleh data pendukung penulisan yaitu wawancara untuk menjawab pertanyanaan penelitian.Metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data daftar tarif jasa kamar rawat inap, biaya rawat inap, lama pasien rawat inap, jumlah pasien rawat inap, pendapatan penuh, aktiva penuh, luas ruang rawat inap,alokasipenggunaan daya listrik.Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah studi kasus dan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang diterapkan RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan RSUD Kota Yogyakarta untuk menentukan tarif kamar rawat inap adalah metode unit cost. Sedangkan perhitungan tarif jasa kamar rawat inap dengan menggunakan metode cost plus pricing melalui pendekatan full costingpada RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta untuk kelas VIP sebesar Rp313.399,00, kelas I sebesar Rp 235.702,00, kelas II sebesar Rp176.095,00, kelas III sebesar Rp116.129.,00. Sedangkan tarif jasa kamar rawat inap pada RSUD Kota Yogyakarta untuk kelas VIP sebesar Rp127.111,00, kelas I sebesar Rp77.972,00, kelas II sebesar Rp 60.104,00, kelas III sebesar Rp57.342,00. Dari hasil penulisan ini dapat disimpulkan bahwa metode cost plus pricing melalui pendekatan full costing dapat dipertimbangkan untuk diterapkan sebagai sistem akuntansi biaya baru, yang digunakan untuk membantu rumah sakit dalam menentukan tarif jasa rawat inap yang lebih akurat. Kata kunci: Tarif jasa rumah sakit, metode cost plus pricing, dan full costing.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16324

Actions (login required)

View Item View Item