IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TARI SRIKANDHI SURADEWATI MAHASISWA SEMESTER III PENDIDIKAN SENI TARI FBS UNY

Cendani, Galuh Intan (2015) IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TARI SRIKANDHI SURADEWATI MAHASISWA SEMESTER III PENDIDIKAN SENI TARI FBS UNY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Galuh Intan Cendani 11209241004.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar dalam pembelajaran tari Srikandhi Suradewati mahasiswa semester III Pendidikan Seni Tari FBS UNY. Identifikasi kesulitan belajar dilakukan dengan melihat latar belakang mahasiswa, yang kemudian dikelompokan menjadi dua bagian yaitu kesulitan belajar berdasarkan faktor intern dan kesulitan belajar berdasarkan faktor ekstern. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif didukung data kuantitatif. Objek penelitian ini adalah kesulitan belajar dalam pembelajaran tari Srikandhi Suradewati di Jurusan Pendidikan Seni Tari FBS UNY. Subjek penelitian 40 mahasiswa semester III yang mengambil materi tari Srikandhi Suradewati. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Mahasiswa semester III Pendidikan Seni Tari FBS UNY berasal dari beberapa provinsi seperti Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra Selatan, Jambi, Riau, Bangka Belitung, Jakarta, Kalimantan, dan NTB. Mahasiswa tersebut lulusan dari SMA, SMK dan SMKI. Mahasiswa terdiri dari wanita dan pria, (2) Kesulitan belajar mahasiswa dalam faktor intern adalah intelegensi, motivasi, konsentrasi belajar, mengolah bahan ajar dan menggali hasil belajar, kebiasaan belajar, kesiapan menerima respon, (3) Kesulitan belajar mahasiswa dalam faktor ekstern adalah metode mengajar, kurikulum, relasi mahasiswa dengan mahasiswa, relasi mahasiswa dengan dosen, sarana prasarana, (4) Kesulitan belajar berdasarkan data kuesioner menunjukan 55 % mahasiswa kesulitan pada agian perangan, 62,5% mahasiswa kesulitan pada irama gendhing, 52,5 % mahasiswa kesulitan dalam memunculkan pasemon, 52,5 % mahasiswa kesulitan materi yang diberikan terlalu cepat karena kurikulum yang hanya 2 SKS, 50% mahasiswa tidak mencatat materi yang telah diberikan, 50 % mahasiswa menyatakan ruang kuliah kurang efektif, 57,5 % mahasiswa kesulitan mencari tempat latihan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: identifikasi, kesulitan belajar, tari Srikandhi Suradewati, mahasiswa semester III FBS UNY
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 14 Apr 2015 02:22
Last Modified: 29 Jan 2019 20:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16323

Actions (login required)

View Item View Item