PENGARUH PERMAINAN EDUKATIF “EDU-GAMES BOBBY BOLA” TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF (PENGENALAN ANGKA, HURUF DAN BENTUK) ANAK USIA 4-5 TAHUN

Dwi Ady Putra, Sofian (2015) PENGARUH PERMAINAN EDUKATIF “EDU-GAMES BOBBY BOLA” TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF (PENGENALAN ANGKA, HURUF DAN BENTUK) ANAK USIA 4-5 TAHUN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Sofian Dwi Ady Putra_09105244033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan edukatif “Edu- Games Bobby Bola” terhadap kemampuan kognitif (pengenalan angka, huruf dan bentuk) anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment.Dengan subjek penelitian siswa umur 4-5 tahun berjumlah 50 anak dari 5 TK yaitu TK Sari Asih 3, TK Santo Yusup, TK ABA Kadisoka, kemudian di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Krajan, Teknik analisisdata dalam penelitian ini berupa kuantitatif, Desain yang digunakan adalah one group pretest posttest.Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi.Analisis data menggunakan Analisis statistik nonparametrik yaitu uji Tes Tanda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positifpermainan edukatif“Edu-Games Bobby Bola”terhadapkemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun.Hal ini ditunjukkan dengan perbandingan peningkatan hasil prettest dan posttest, diketahui bahwa dalam tahapan awal sebelum diberi perlakuan (treatment) hasil dari posttest lebih tinggi dari hasil prettest. Hasil tersebut terlihat adanya perubahan persentasedengan nilaipretest 66,84%, nilai posttest 86,78% dan perhitungan menggunakan uji T, dengan α = 0,05 diperoleh bahwa T hitung lebih besar dari T tabel yaitu (14,00> 2,001).Kesimpulan penelitian bahwa adanya pengaruh permainan edukatiff “Edu-games Bobby Bola terhadap kemampuan kognitif (pengenalan angka, huruf dan bentuk) anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:38
Last Modified: 29 Jan 2019 20:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16321

Actions (login required)

View Item View Item