PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KAMUS SAKU UNGGAHUNGGUH BASA JAWA KELAS IV SDN TAMBAKREJO PURWOREJO

Nugroho, Setyo (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KAMUS SAKU UNGGAHUNGGUH BASA JAWA KELAS IV SDN TAMBAKREJO PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Setyo Nugroho_10108241051.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan kamus saku unggah-ungguh basa sebagai media pembelajaran bahasa Jawa kelas IV di SD N Tambakrejo, Kabupaten Purworejo. Jenis penelitian ini adalah research and development. Model penelitian yang digunakan adalah model Borg and Gall (1983). Subjek penelitian yang terlibat sejumlah 31 siswa kelas IV SD N Tambakrejo Purworejo. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan berupa media kamus saku unggah-ungguh basa Jawa. Produk yang telah dihasilkan selanjutnya divalidasi oleh ahli materi dan ahli media sehingga diperoleh data yang dijadikan dasar acuan revisi produk. Hasil validasi dari ahli materi diperoleh skor rata-rata 4,5 dengan kriteria penilaian pada kategori sangat baik. Hasil validasi media diperoleh skor rata-rata 4,0 dengan kriteria baik. Produk yang sudah divalidasi selanjutnya dilakukan uji coba. Hasil uji coba perorangan diperoleh skor rata-rata 4,6 dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh skor rata-rata 4,7 dengan kategori sangat baik . Hasil uji coba operasional diperoleh skor rata-rata 4,7 dengan kategori sangat baik. Ketiga penilaian tersebut menunjukkan bahwa media kamus saku sudah layak dari segi materi dan dari segi media.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:38
Last Modified: 29 Jan 2019 20:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16319

Actions (login required)

View Item View Item