PERMAINAN SUNDA MANDA DAN KECERDASAN INTERPERSONAL (Studi tentang Makna Permainan Sunda Manda di Kalangan Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Nanggulan Maguwoharjo)

Dwi Kurnia, Oktafiani (2015) PERMAINAN SUNDA MANDA DAN KECERDASAN INTERPERSONAL (Studi tentang Makna Permainan Sunda Manda di Kalangan Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Nanggulan Maguwoharjo). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Oktafiani_10105244039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna pendidikan yang ada pada permainan sunda manda terkait dengan kecerdasan interpersonal anak usia sekolah dasar. Kegiatan selama bermain sunda manda diteliti berlandaskan pada komponen-komponen kecerdasan interpersonal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia sekolah dasar di Desa Nanggulan RW 17. Pengumpulan data berlangsung dari bulan Mei 2014 sampai dengan Juli 2014. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam permainan sunda manda, anak sudah paham tentang teknik bermain dan pola yang digunakan. Makna pendidikan yang ada kaitannya dengan kecerdasan interpersonal ditemukan ada 2 makna pada anak usia sekolah dasar dalam permainan sunda manda. Makna tersebut diantaranya makna dalam bekerjasama dan makna dalam memecahkan masalah. Kedua makna tersebut ditemukan dari proses tata cara bermain sunda manda. Pemahaman anak pada makna yang terkadung dalam permainan sunda manda kaitannya kecerdasan interpersonal ditunjukkan dari enam komponen kecerdasan interpersonal, yakni memahami perasaan orang lain, berteman, bekerjasama, mempercayai orang lain, mengungkapkan kasih sayang, dan menyelesaikan masalah. Permainan sunda manda dapat membelajarkan kecerdasan interpersonal pada anak usia sekolah dasar. Hal itu dikarenakan melalui permainan sunda manda, anak dapat belajar mengenai sikap memahami perasaan orang lain, berteman, dan bekerjasama.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:38
Last Modified: 29 Jan 2019 20:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16314

Actions (login required)

View Item View Item