PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MENCARI PASANGAN DI KELAS V SDN TAMBAKREJO TEMPEL SLEMAN

Murtadho, M. Irfan (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MENCARI PASANGAN DI KELAS V SDN TAMBAKREJO TEMPEL SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
M Irfan Murtadho.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui pembelajaran kooperatif dengan teknik mencari pasangan di SDN Tambakrejo, Tempel, Sleman. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 pada siswa kelas V SDN Tambakrejo, Tempel, Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat langkah penelitian yaitu perencanaan (planning), pelaksanaaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Untuk memperoleh data penelitian digunakan dua instrumen yaitu lembar aktifitas siswa dan guru yang diisi oleh pengamat dan tes hasil belajar yang diberikan pada akhir siklus. Data aktifitas belajar siswa dianalisis dengan melihat kesesuaian antara perencanaan dengan pelaksanaan pada setiap pertemuan. Peningkatan hasil belajar dilihat dari rerata hasil belajar dan persentase siswa yang mencapai KKM pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Aktifitas belajar siswa meningkat dari siklus I dan siklus II. Hal ini dapat dilihat pada setiap pertemuan siswa mengalami peningkatan dalam proses pembelajaran yaitu siswa lebih aktif dan antusias dalam bekerja sama dan saling membantu dalam memahami konsep. Peningkatan aktifitas berdampak pada peningkatan hasil belajar matematika siswa. Rerata nilai siswa terus meningkat dari skor awal adalah 53,75, siklus I 66,33 dan siklus II 69,83. Persentase siswa yang mencapai KKM juga meningkat dari skor awal adalah 29,17%, siklus I 58,33% dan siklus II 70,83%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan teknik mencari pasangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas V SDN Tambakrejo, Tempel, Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:38
Last Modified: 29 Jan 2019 20:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16310

Actions (login required)

View Item View Item