EFEKTIFITAS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS VII MTS RAUDLATUL HUDA YA-BAKII ADIPALA CILACAP

Supriatin, Kutwi (2015) EFEKTIFITAS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS VII MTS RAUDLATUL HUDA YA-BAKII ADIPALA CILACAP. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Kutwi Supriatin_10105244032.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan multimedia dan yang menggunakan video pada mata pelajaran PPKn siswa kelas VII MTs Raudlatul Huda Ya-BAKII Adipala Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 24 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VII B yang berjumlah 24 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan dokumentasi. Pemberian tes dilakukan dengan cara memberi tugas kepada siswa untuk menjawab soal pilihan ganda a, b, c, dan d dengan materi berdasarkan tema yang diberikan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji-t (t-test). Hasil Penelitian menunjukan bahwa adanya perbedaan skor posttest (tes akhir) antara kelas yang menggunakan multimedia dengan kelas yang menggunakan video. Perlakuan yang berbeda antara kedua kelas tersebut menyebabkan adanya perbedaan tingkat hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil uji-t skor posttest (tes akhir) kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang menunjukan bahwa nilai thitung sebesar 3,639 lebih besar dari ttabel sebesar 2,013 pada taraf signifikansi 0,001 yang lebih kecil dari taraf signifikansi yang ditentukan yaitu 0,05. Selanjutnya, diuji dengan uji-t gain score yang menunjukan bahwa dari kedua kelompok diperoleh thitung yaitu 3,673 lebih besar dari ttabel yaitu 2,013 dan memperoleh nilai signifikansi 0,001 lebih kecil dari 0,05. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar PPKn.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:38
Last Modified: 29 Jan 2019 20:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16307

Actions (login required)

View Item View Item