PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 GRENGGENG

Sofiana, - (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 GRENGGENG. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SOFIANA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dalam pembelajaran operasi hitung bilangan pecahan pada siswa kelas V SD Negeri 3 Grenggeng, Karanganyar, Kebumen. Dalam penelitian ini pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik yang akan dilaksanakan yaitu menggunakan masalah kontekstual dengan bantuan media benda nyata berupa kue jenang dan model alat peraga berupa plastisin dan kertas pecahan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Grenggeng yang berjumlah 25 siswadan guru kelas V. Obyek penelitian adalah hasil belajar operasi hitung bilangan pecahan menggunakan pembelajaran matematika realistik. Untuk menguji validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan validitas konstrak dengan menggunakan pendapat ahli (experts jugdement). Data hasil penelitian diperoleh dari observasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar menggunakan pendekatan matematika realistik adalah 62.92 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 70.32 pada siklus II. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar hanya 54,29% meningkat menjadi 75,68% pada siklus II. Kata kunci:hasil belajar, matematika, pembelajaran matematika realistik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:37
Last Modified: 29 Jan 2019 20:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16305

Actions (login required)

View Item View Item