HUBUNGAN ASERTIVITAS DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KOTA MUNGKID, MAGELANG

Evy Verdiawati, Evy (2015) HUBUNGAN ASERTIVITAS DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KOTA MUNGKID, MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
EVY VERDIAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan negatif antara asertivitas dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Mungkid, Magelang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasinya yaitu siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Mungkid, Magelang sebanyak 190 siswa. Sampel yang diambil sejumlah 48 siswa, pengambilan sampel dengan teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan dengan metode angket yang berbentuk instrumen skala likert. Instrumen yang digunakan berupa Skala Prokrastinasi Akademik dan Skala Asertivitas. Skor validitas skala prokrastinasi akademik bergerak dari angka 0,269 sampai dengan 0,705, sedangkan skor validitas skala asertivitas bergerak dari angka 0,254 sampai dengan 0,547. Nilai koefisien reliabilitas alpha (α) pada skala prokrastinasi akademik sebesar 0,844 sedangkan pada skala asertivitas sebesar 0,589. Kemudian data yang diperoleh tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analisis product moment. Hasil analisis korelasi product moment diperoleh koefisien korelasi sebesar (-0,786) dengan signifikansi sebesar 0,000 (sig<0,01) yang berarti terdapat hubungan yang negatif dan sangat signifikan antara asertivitas dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Mungkid, Magelang. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi asertivitas pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Mungkid, Magelang maka semakin rendah prokrastinasi akademiknya, dan sebaliknya semakin rendah asertivitas pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Mungkid, Magelang maka semakin tinggi prokrastinasi akademiknya. Koefisien determinasi yang diperoleh adalah 61,8% yang berarti sumbangan variabel asertivitas terhadap prokrastinasi akademik sebesar 61,8% dan sisanya 38,2 ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Kata kunci: asertivitas, prokrastinasi akademik, siswa kelas VIII SMP

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:37
Last Modified: 29 Jan 2019 20:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16303

Actions (login required)

View Item View Item