PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF “SQUARE STEPS ENGLISH” UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SEKOLAH DASAR KELAS 1

Jati Wicaksno, Ditya (2015) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF “SQUARE STEPS ENGLISH” UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SEKOLAH DASAR KELAS 1. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Ditya Jati Wicaksono_10105241015.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan alat permainan edukatif “Square Steps English” yang layak dan efektif digunakan untuk pembelajaran bahasa Inggris kelas 1 SD N Caturtunggal III. Desain penelitian ini menggunakan model Research and Development menurut Borg and Gall dimana langkah yang digunakan berjumlah sembilan langkah. Prosedur penelitian meliputi penelitian dan pengumpulan data awal, perencanaan produk, pengembangan produk awal, uji coba awal, revisi produk, ujicoba lapangan utama, revisi produk, uji lapangan operasional dan penyempurnaan produk sebagai hasil final. Sebelum melakukan ujicoba, produk awal akan dinilai dan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi baru kemudian diujicobakan. Subjek dari penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas 1 SD N Caturtunggal III dimana siswa akan mencoba APE sebanyak tiga tahapan, yaitu ujicoba lapangan awal, ujicoba lapangan utama, dan ujicoba lapangan operasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain adalah observasi, wawancara, lembar penilaian, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data observasi dan wawancara adalah dengan cara mendeskripsikan dalam kalimat, kemudian angket dengan rumus persentase dan tes dengan menggunakan rumus rerata Penelitian pengembangan ini telah menghasilkan Alat Permainan Edukatif “Square Steps English” dengan menggunakan tahapan penelitian R&D menurut Borg and Gall.Hasil dari penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa APE “Square Steps English” untuk pembelajaran bahasa Inggris kelas 1 SD ini sudah layak dan efektif. Kelayakan dari APE ini ditunjukkan dari hasil akhir validasi media sebesar 100% termasuk dalam kategori layak, kemudian hasil akhir dari validasi materi yang mendapat penilaian sebesar 94,87% termasuk kategori layak, hasil dari angket yang diisi saat ujicoba lapangan awal sebesar 98,14% termasuk kategori layak, angket saat ujicoba lapangan utama 99,38% termasuk dalam kategori layak, dan yang terakhir hasil dari angket saat ujicoba lapangan operasional sebesar 99,25% termasuk dalam kategori layak. Adapun efektivitasnya dilihat dari hasil skor pretest dan posttest penggunaan APE “Square Steps English” yang terdapat selisih sebesar 15,92, dari skor pretest sebesar 67,78 dan skor posttest sebesar 83,70.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:38
Last Modified: 29 Jan 2019 20:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16296

Actions (login required)

View Item View Item