PENGARUH CARA MENGAJAR GURU, CARA BELAJAR SISWA DAN KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA TERHADAP KUALITASPEMBELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI DI SMK NEGERI 1 GODEAN

Yukti Cita Nirmala Dara, Mala (2013) PENGARUH CARA MENGAJAR GURU, CARA BELAJAR SISWA DAN KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA TERHADAP KUALITASPEMBELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI DI SMK NEGERI 1 GODEAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

PENGARUH CARA MENGAJAR GURU, CARA BELAJAR SISWA DAN KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA TERHADAP KUALITASPEMBELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI DI SMK NEGERI 1 GODEAN Oleh : Cita Nirmala Dara Yukti NIM. 09402244008 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Cara Mengajar Guru, Cara Belajar Siswa dan Ketersediaan Sarana dan Prasarana terhadap Kualitas Pembelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi di SMK Negeri 1 Godean. Penelitian ini adalah penelitian populasi, subyek penelitian semua siswa kelas XI Pendidikan Administrasi tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 72 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan observasi. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 72 siswa SMK Negeri 1 Depok. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Perason. Sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier sederhana (bivariat) dan teknik analisis regresi linier berganda (multivariat). Tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Data diolah menggunakan program SPSS versi 16. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut : (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan cara mengajar guru terhadap kualitas pembelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi di SMK Negeri 1 Godean ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 4,310 dan sumbangan efektif sebesar 9,8%; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan cara belajar siswa terhadap kualitas pembelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi di SMK Negeri 1 Godean ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 4,065 dan sumbangan efektif sebesar 8%; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan ketersediaan sarana dan prasarana terhadap kualitas pembelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi di SMK Negeri 1 Godean ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 4,786 dan sumbangan efektif sebesar 14 %; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Cara Mengajar Guru, Cara Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Kualitas Pembelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi di SMK Negeri 1 Godean, yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 10,571 dan sumbangan efektif sebesar 31,8%. Kata Kunci : Cara Mengajar Guru, Cara Belajar Siswa, Ketersediaan Sarana dan Prasarana dan Kualitas Pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:34
Last Modified: 17 Apr 2015 00:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16293

Actions (login required)

View Item View Item