PENGARUH MODUL “UTAK-ATIK TAKTIK CATUR” TERHADAP PEMAHAMAN TAKTIK CATUR PADA ANGGOTA UNIT KEGIATAN MAHASISWA CATUR UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Anshory, Burhanuddin (2015) PENGARUH MODUL “UTAK-ATIK TAKTIK CATUR” TERHADAP PEMAHAMAN TAKTIK CATUR PADA ANGGOTA UNIT KEGIATAN MAHASISWA CATUR UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
BURHANUDDIN ANSHORY_10105241005.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modul “Utak-Atik Taktik Catur” terhadap pemahaman taktik catur pada anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Catur Universitas Negeri Yogyakarta. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuasi eksperimen, dengan subjek penelitian anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Catur UNY, yang berjumlah 10 mahasiswa. Desain yang digunakan yaitu one group pre-test post-test. Metode pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai post test yaitu 84 lebih besar dari rata-rata nilai pre test yaitu 52. Standar deviasi nilai post test sebesar 9,66 lebih kecil dari standar deviasi nilai pre test sebesar 17,51. Hal ini berarti modul “Utak-Atik Taktik” Catur memberikan pengaruh terhadap pemahaman taktik catur pada anggota UKM Catur UNY. Selain itu, modul “Utak-Atik Taktik Catur” merupakan modul yang baik dan menarik karena memuat karakteristik self instructional, self contained, stand alone, adaptive, user friendly. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji validitas oleh ahli materi dan ahli media yang telah dilakukan. Inti penerapan modul yaitu masing-masing anggota UKM Catur UNY diberikan satu modul kemudian dijelaskan cara penggunaan dan macam-macam taktik catur yang ada pada modul serta pengaplikasiannya di atas papan catur.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:38
Last Modified: 29 Jan 2019 20:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16285

Actions (login required)

View Item View Item