PELAKSANAAN PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) PADA KELAS 3 DI SEKOLAH DASAR BAKULAN BANTUL

Tri Anafi, Alan (2015) PELAKSANAAN PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) PADA KELAS 3 DI SEKOLAH DASAR BAKULAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Alan Tri Anafi_10105244020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) persiapan pelaksanaan pendekatan belajar tuntas, (2) pelaksanaan pendekatan belajar tuntas, (3) faktor penghambat dan faktor pendukung dari pelaksanaan pendekatan belajar tuntas, (4) evaluasi yang dilakukan melalui pendekatan belajar tuntas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah empat guru. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam penelitian dengan dibantu pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Keabsahan data yang dilakukan dengan melakukan pengamatan yang terus-menerus, menggunakan teknik triangulasi sumber, membicarakannya dengan orang lain, dan mengadakan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persiapan pelaksanaan pendekatan belajar tuntas adalah merancang rangkaian kegiatan belajar berupa RPP dan silabus dengan penentuan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang mengarah ke dalam pembelajaran konstruktivistik. 2) Pelaksanaan pendekatan belajar tuntas (mastery learning) pada kelas 3 di SD Bakulan Bantul antara lain : a) pengenalan karakter para siswa yang dilakukan oleh guru, pengkondisian kelas, dan penyesuaian penjelasan materi, b) Metode yang dilakukan dengan cara membimbing setiap siswa untuk menguasai materi yang telah diajarkan, siswa yang mengalami kesulitan belajar akan diberi bimbingan khusus oleh guru atau temannya yang sudah memahami materi. 3) Faktor penghambat yaitu: a) kegaduhan yang dibuat oleh para siswa selama penjelasan materi, b) tingkat fokus siswa yang tidak bisa tenang untuk waktu yang lama. Faktor pendukung yaitu: a) media yang sudah tercukupi khususnya buku pegangan yang sudah dimiliki oleh seluruh siswa, b) cara guru dalam menyampaikan materi yang tidak monoton, c) materi yang disampaikan oleh guru dilakukan dengan penyesuaian kemampuan siswa yang berbeda-beda. 4) Tes yang dilakukan melalui belajar tuntas yaitu: a) tes tertulis yang dilakukan hampir di setiap kegiatan pembelajaran dan pelaksanaannya saat penjelasan materi berakhir, b) tes lisan yang dilakukan untuk mengasah kemampuan verbal siswa dan melatih keberanian siswa berbicara di depan kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:38
Last Modified: 29 Jan 2019 20:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16280

Actions (login required)

View Item View Item