PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK 1 SMK ABDI NEGARA MUNTILAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Permatasari Herlina, Lina (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK 1 SMK ABDI NEGARA MUNTILAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK 1 SMK ABDI NEGARA MUNTILAN TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: Herlina Permatasari 09403241044 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK 1 SMK Abdi Negara Muntilan tahun ajaran 2012/2013 pada standar kompetensi mengelola kartu aktiva tetap kompetensi dasar mengidentifikasi penyusutan dan akumulasi penyusutan aktiva tetap melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (team assisted individualization). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AK 1 SMK Abdi Negara Muntilan tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 30 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat komponen kegiatan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan pada siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi partisipatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes, lembar observasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dan analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh peningkatan hasil belajar pada ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik. Pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswa pada ranah kognitif meningkat sebesar 21,2 dengan rata- rata nilai pre-test 68,62 dan post-test 89,82 serta diperoleh persentase ketuntasan klasikal 93,11%. Hal ini juga diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa pada ranah afektif dan ranah psikomotorik dengan rata-rata klasikal masing-masing adalah 84,17 dan 79,17. Pada siklus II, rata-rata hasil belajar siswa pada ranah kognitif juga mengalami peningkatan sebesar 7,66 dengan rata-rata nilai pre-test 80,67 dan post- test 88,33 serta diperoleh persentase ketuntasan klasikal 83,33%. Hal ini juga diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa pada ranah afektif dan ranah psikomotorik dengan rata-rata klasikal masing-masing adalah 90,56. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (team assisted individualization) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI AK 1 SMK Abdi Negara Muntilan tahun ajaran 2012/2013. Kata kunci: pembelajaran kooperatif, team assisted individualization

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16276

Actions (login required)

View Item View Item